TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI MATEMATIKA SMU
(PAMA4205)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Yang termasuk tujuan pendidikan jenjang
pendidikan menengah adalah ....
A. mempersiapkan siswa agar dapat meng-gunakan
matematika dan pola pikir mate-matika dalam kehidupan sehari-hari
B. mempersiapkan siswa agar memiliki ke-mampuan
yang dapat dialihgunakan me-lalui kegiatan matematika
C. agar siswa mampu mengorganisasikan data dalam
pembelajaran
D. meningkatkan kemampuan siswa dalam mengadakan
hubungan timbal balik de-ngan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya
2. Berikut ini yang merupakan kemampuan umum
yang ingin dicapai dalam menciptakan model adalah ....
A. kemampuan membentuk persamaan,
per-tidaksamaan serta fungsi dari suatu ma-salah yang dihadapi
B. kemampuan membuat simpulan dari su-atu
hitungan
C. kemampuan menerapkan matematika di-berbagai
aspek kehidupan
D. kemampuan membentuk konsep baru berdasarkan
konsep/model terdahulu
3. Fungsi matematika sekolah adalah ....
A. untuk mengungkap beberapa fakta atau konsep
matematika
B. sebagai salah satu unsur masukan
in-strumental yang memiliki objek dasar abstrak dan berlandaskan kebenaran
kon-sistensi
C. sebagai salah satu unsur untuk memo-tivasi
agar siswa menyenangi pelajaran matematika
D. untuk bahan kajian dalam pengayaan dari
sekelompok siswa yang berminat dalam mata pelajaran matematika
4. Salah satu rambu-rambu pelaksanaan GBPP
adalah ....
A. dalam uraian atau pembelajaran mate-matika
harus memuat dalil-dalil yang mudah dihafalkan oleh siswa
B. dalam pelaksanaan pengajaran setiap pokok
bahasan/sub pokok bahasan harus diurutkan sesuai dengan sistematika pela-jaran
bersangkutan
C. dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
guru hendaknya memilih me-tode ceramah yang sesuai dengan pokok bahasan
D. pada dasarnya GBPP merupakan pe-doman
mengajar bagi guru yang berisikan materi minimal yang perlu dipelajari oleh
semua siswa untuk mencapai tujuan pengajaran
5. Hal yang harus diperhatikan pada penetapan
waktu dalam Program Pengajaran adalah ....
A. sesuai dengan GBPP untuk setiap pokok bahasan
B. tergantung pada lingkungan siswa
C. sebagai ancar-ancar sesuai dengan kon-disi
kelas yang dihadapi
D. sesuai dengan banyaknya siswa dikelas
6. Jika garis m dan garis n tidak terletak pada
satu bidang, maka pernyataan yang benar dari kedua garis tersebut adalah ....
A. saling sejajar
B. saling bersilangan
C. saling tegak lurus
D. saling berhimpit
7. Gambar berikut yang menunjukkan bahwa garis k
dan garil
tidak terletak
pada sebuah bidang adalah sebagai berikut ....
8. Jika sebuah garis KM diproyeksikan pada
se-buah bidang a, maka
pernyataan yang benar berikut ini adalah ....
A. jika proyeksi garis KM adalah garis K1M1
maka garis KK1 sejajar garis MM1
B. jika proyeksi garis KM adalah garis K1M1
maka garis KM sejajar garis K1M1
C. proyeksi garis KM menembus bidang a
D. proyeksi garis KM memotong bidang a
9. Jika diketahui titik-titik K dan N di luar
bidang a, maka gambar
proyeksi garis KN terhadap bidang a
adalah ....
10. Diketahui garis m menembus bidang a di titik P, dan Q sebarang titik pada garis m.
Jika proyeksi titik Q pada bidang a
adalah Q1 dan besar sudut PQQ1 250, maka besar
sudut antara garis m dan bidang a
adalah ....
A. 1150
B. 900
C. 650
D. 250
11. Gambar di bawah adalah kubus ABCD.EFGH. Sudut antara garis EB dan
bidang ACGE ada-lah ....
A. Ð BEG
B. Ð BEA
C. Ð BEK
D. Ð BEC
12. Perhatikan gambar kubus berikut:
Yang merupakan bidang frontal dari gambar di atas adalah ....
A. bidang PQUT
B. bidang QRUV
C. bidang PSWT
D. bidang PQRS
13. Jika diketahui panjang rusuk kubus PQRS.TUVW 10 cm, maka panjang
diagonal sisinya adalah ....
A.
cm
B.
cm
C.
cm
D. 10 cm cm
14. Perhatikan gambar kubus dibawah, garis yang saling bersilangan
adalah ....
A. DH dengan DC
B. AC dengan EG
C. CF dengan AH
D. BH dengan CE
15. Berikut ini bukan merupakan kalimat terbuka adalah ....
A. Tini memakai baju pramuka
B. n + 5 = 7
C. 2a + 5b = 10
D. 2 + 5 = 7
16. Himpunan penyelesaian dari persamaan: 6x - 7 = 3x + 14 adalah ....
A. {19}
B. {7}
C. {-7}
D. {-19}
17. Himpunan penyelesaian dari 2x £ 9
+ 5x de-ngan x Î R adalah ....
A. {x | x ³ 3, x Î R}
B. {x | x ³ -3, x Î R}
C. {x | x £ -3, x Î R}
D. {x | x £ 3, x Î R}
18. Himpunan penyelesaian dari persamaan
adalah ....
A. {(x, y) | x = 2 + t, y = t, t Î R}
B. {(x, y) | x = t, y = 3t - 6, t Î R}
C. {(x, y) | x = 2 -
y = t, t Î R}
D. {(x, y) | x = t, y = 6 - 3t, t Î R}
19. Himpunan pasangan berurutan (x, y) yang merupakan penyelesaian
dari : x + 2y £ 4 un-tuk x, y
anggota bilangan asli adalah ....
A. {(0, 0), (0, 1), (0, 2), (1, 0), (1, 1), (2, 0), (2, 1), (3, 0),
(4, 0)}
B. {(4, 0), (0, 2), (2, 1)}
C. {(1, 1), (2, 1)}
D. {(2, 1)}
20. Gambar di bawah merupakan grafik him-punan penyelesaian dari
persamaan ....
A. 5y - 2 = -7
B. 5y + 2 = 7
C. 7 + 5x = 2
D. -7 + 5x = -2
21. Grafik himpunan pertidaksamaan 5x + 13 ³ 3
adalah ....
22. Perhatikan gambar grafik berikut:
Persamaan yang memenuhi dari gambar grafik di atas adalah
....
A. x + 2y = 5
x + 2y = 1
B. x - 2y = 5
x + 2y = 1
C. 2x - y = 5
2x + y = 1
D. 2x - y = 5
x + 2y = 1
23. Gambar berikut yang merupakan solusi dari pertidaksamaan:
adalah ....
24. Seorang penjual tepung terigu mempunyai 26 kg tepung terigu jenis A dan 28 kg tepung
terigu jenis B. Penjual tersebut ingin mem-peroleh campuran tepung terigu, yang
akan dijualnya per kantong. Untuk tiap kantong campuran I, diperlukan 2 kg
tepung terigu jenis A dan 3 kg tepung terigu jenis B. Untuk tiap kantong
campuran II diperlukan 1 kg te-pung terigu jenis A dan 4 kg terigu jenis B.
Harga tiap kantong untuk campuran I Rp1.600,00 dan harga tiap kantong untuk
campuran II Rp1.800,00. Berapa kantong masing-masing campuran dapat dibuat agar
dapat dijual dengan jumlah harga sebesar-besarnya. Jika banyak kantong campuran
I adalah x dan banyak kantong campuran II adalah y, maka model matematika yang
da-pat dibuat dari persoalan di atas adalah ....
A. 2x + 3y £ 26
4x + y £ 28
f(x, y) = 1600x + 1800y
x dan y masing-masing
bilangan cacah
B. 2x + y £ 26
3x + 4y £ 28
f(x, y) = 1600x + 1800y
x dan y masing-masing bilangan cacah
C. 3x + 2y £ 26
4x + y £ 28
f(x, y) = 1600x + 1800y
x dan y masing-masing bilangan cacah
D. 3x + 2y £ 26
x + 4y £ 28
f(x, y) = 1600x + 1800y
x dan y masing-masing bilangan cacah
25. Garis selidik untuk nilai maksimum dari 5x + 3y yang memenuhi x + y £ 4, 2x + y £ 6,
x ³ 0, x £ 5 dan y ³ 0
adalah ....
A. 5x + 3y = 8
B. 5x + 3y = 11
C. 5x + 3y = 13
D. 5x + 3y = 16
26. Diketahui: P
= {2, 4, 6, 8}
Q = {3, 6, 9}
Diagram panah berikut yang memasangkan anggota-anggota P
dengan anggota-anggota Q dengan relasi “lebih kecil dari” adalah ....
27. Perhatikan diagram panah berikut
Kodomain dari diagram panah di atas adalah ....
A. {0, 1, 2, 3, 4, 8, 15}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {0, 3, 8, 15}
D. Æ
28. Diagram panah berikut ini yang bukan fungsi adalah ....
29. Berikut ini yang merupakan contoh fungsi implisit adalah ....
A. y = x - 4 C. h(x) = x2 - 1
B. f(x) = 2x + 1 D. 5x - 2y = 10
30. Grafik fungsi f:x ® 3x
- 12 adalah ....
31. Titik ekstrim dari fungsi: f(x) = 2x2 + x - 1 adalah
....
A.
B.
C.
D.
32. Gambar grafik f(x) = x2 - 2x - 3 adalah ....
33. Diketahui : f(x) = 2x2 - 3
Nilai f(-2) - f(1) = ....
A. 6
B. 4
C. -2
D. -4
34. Diketahui : f(x) = 2x
g(x) = 3x - 1
h(x) = x2 + 2x + 1
(f o g o h)(x) = ....
A. 6x2 + 12x + 4
B. 6x2 + 12x - 4
C. 6x2 + 12x + 8
D. 6x2 + 12x - 8
35. Berikut ini yang merupakan grafik :
f(x) = alog x, dimana a > 1 adalah ....
36. Diketahui : f(x) = 5x - 13
g(x) = 3x + 4
(f o g)-1(x)
= ....
A.
B.
C.
D.
37. Nilai
= ....
A. 4
B. 6
C. 8
D. 10
38. Nilai P(3, 2) = ....
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
39. Banyaknya pengambilan 3 bola dari sekum-pulan bola-bola yang
diberi nomor 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 adalah ....
A. 20
B. 60
C. 120
D. 180
40. Banyaknya salaman yang terjadi jika 10 orang saling berjabatan
tangan adalah ....
A. 90 cara
B. 72 cara
C. 56 cara
D. 45 cara
41. Banyaknya pilihan yang dipunyai oleh se-orang siswa jika disuruh
menjawab 8 soal dari 10 soal ujian yang diajukan ada ....
A. 15 cara
B. 45 cara
C. 90 cara
D. 135 cara
42. Jika sebuah dadu dilempar satu kali, maka peluang munculnya mata
dadu prima adalah ....
A.
B.
C.
D.
43. Dua buah dadu warna merah dan putih di-lempar secara bersama-sama.
Peluang mun-culnya jumlah kedua mata dadu 5 atau 7 adalah ....
A.
B.
C.
D.
44. Sebuah dadu dilempar dua kali. Jika A adalah kejadian munculnya
mata dadu 3 pada pe-lemparan pertama dan B adalah kejadian munculnya mata dadu
ganjil pada pelem-paran kedua, maka peluang A dan B adalah ....
A.
B.
C.
D.
45. Nilai rata-rata dari tabel distribusi frekuensi di bawah adalah
....
Nilai
|
frekuensi
|
31
- 40
|
4
|
41
- 50
|
3
|
51
- 60
|
6
|
61
- 70
|
6
|
71
- 80
|
11
|
81
- 90
|
10
|
A. 52,75
B. 67,25
C. 72,75
D. 87,25
46. Modus dari data
8, 9, 9, 10, 10, 11, 12, 12, 13, 13, 13,
14, 15, 15 adalah ....
A. 10
B. 12
C. 13
D. 15
47. Median dari tabel distribusi di bawah adalah ....
Nilai
|
frekuensi
|
41
- 45
|
4
|
46
- 50
|
6
|
51
- 55
|
7
|
56
- 60
|
10
|
61
- 65
|
8
|
66
- 70
|
5
|
A. 56,5
B. 57,0
C. 57,5
D. 58,0
48. Diketahui data : 10, 8, 9, 7, 5, 5, 6, 8, 9, 10
K2
dari data di atas adalah ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
49. D8 dari tabel distribusi frekuensi di bawah adalah ....
Nilai
|
frekuensi
|
41
- 50
|
6
|
51
- 60
|
7
|
61
- 70
|
10
|
71
- 80
|
15
|
81
- 90
|
12
|
91
- 100
|
10
|
A. 88,83
B. 86,33
C. 84,83
D. 81,33
50. Persentil ke 60 dari data :
3, 3, 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 13, 14, 15,
16, 17
adalah ....
A. 9,3
B. 10,6
C. 11,2
D. 12,4
No comments:
Post a Comment