Cloud Hosting Indonesia

13 June, 2014

Soal Kurikulum Dan Materi Matematika SMU



TUGAS MANDIRI
KURIKULUM DAN MATERI MATEMATIKA SMU
(PAMA4205)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 50,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang termasuk tujuan pendidikan jenjang pendidikan menengah adalah ....         
A.   mempersiapkan siswa agar dapat meng-gunakan matematika dan pola pikir mate-matika dalam kehidupan sehari-hari
B.   mempersiapkan siswa agar memiliki ke-mampuan yang dapat dialihgunakan me-lalui kegiatan matematika
C.   agar siswa mampu mengorganisasikan data dalam pembelajaran
D.   meningkatkan kemampuan siswa dalam mengadakan hubungan timbal balik de-ngan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya

2.   Berikut ini yang merupakan kemampuan umum yang ingin dicapai dalam menciptakan model adalah ....  
A.   kemampuan membentuk persamaan, per-tidaksamaan serta fungsi dari suatu ma-salah yang dihadapi
B.   kemampuan membuat simpulan dari su-atu hitungan
C.   kemampuan menerapkan matematika di-berbagai aspek kehidupan
D.   kemampuan membentuk konsep baru berdasarkan konsep/model terdahulu
     
3.   Fungsi matematika sekolah adalah ....
A.   untuk mengungkap beberapa fakta atau konsep matematika
B.   sebagai salah satu unsur masukan in-strumental yang memiliki objek dasar abstrak dan berlandaskan kebenaran kon-sistensi
C.   sebagai salah satu unsur untuk memo-tivasi agar siswa menyenangi pelajaran matematika
D.   untuk bahan kajian dalam pengayaan dari sekelompok siswa yang berminat dalam mata pelajaran matematika

4.   Salah satu rambu-rambu pelaksanaan GBPP adalah ....
A.   dalam uraian atau pembelajaran mate-matika harus memuat dalil-dalil yang mudah dihafalkan oleh siswa
B.   dalam pelaksanaan pengajaran setiap pokok bahasan/sub pokok bahasan harus diurutkan sesuai dengan sistematika pela-jaran bersangkutan
C.   dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru hendaknya memilih me-tode ceramah yang sesuai dengan pokok bahasan
D.   pada dasarnya GBPP merupakan pe-doman mengajar bagi guru yang berisikan materi minimal yang perlu dipelajari oleh semua siswa untuk mencapai tujuan pengajaran

5.   Hal yang harus diperhatikan pada penetapan waktu dalam Program Pengajaran adalah ....
A.   sesuai dengan GBPP untuk setiap pokok bahasan
B.   tergantung pada lingkungan siswa
C.   sebagai ancar-ancar sesuai dengan kon-disi kelas yang dihadapi
D.   sesuai dengan banyaknya siswa dikelas

6.   Jika garis m dan garis n tidak terletak pada satu bidang, maka pernyataan yang benar dari kedua garis tersebut adalah ....
A.   saling sejajar
B.   saling bersilangan
C.   saling tegak lurus
D.   saling berhimpit

7.   Gambar berikut yang menunjukkan bahwa garis k dan garil  tidak terletak pada sebuah bidang adalah sebagai berikut ....
8.   Jika sebuah garis KM diproyeksikan pada se-buah bidang a, maka pernyataan yang benar berikut ini adalah ....
A.   jika proyeksi garis KM adalah garis K1M1 maka garis KK1 sejajar garis MM1
B.   jika proyeksi garis KM adalah garis K1M1 maka garis KM sejajar garis K1M1
C.   proyeksi garis KM menembus bidang a
D.   proyeksi garis KM memotong bidang a

9.   Jika diketahui titik-titik K dan N di luar bidang a, maka gambar proyeksi garis KN terhadap bidang a adalah ....
              
10.   Diketahui garis m menembus bidang a di titik P, dan Q sebarang titik pada garis m. Jika proyeksi titik Q pada bidang a adalah Q1 dan besar sudut PQQ1 250, maka besar sudut antara garis m dan bidang a adalah ....
A.   1150
B.   900
C.   650
D.   250

11.   Gambar di bawah adalah kubus ABCD.EFGH. Sudut antara garis EB dan bidang ACGE ada-lah ....
A.   Ð BEG
B.   Ð BEA
C.   Ð BEK
D.   Ð BEC

12.   Perhatikan gambar kubus berikut:
       
        Yang merupakan bidang frontal dari gambar di atas adalah ....
A.   bidang PQUT
B.   bidang QRUV
C.   bidang PSWT
D.   bidang PQRS

13.   Jika diketahui panjang rusuk kubus PQRS.TUVW 10 cm, maka panjang diagonal sisinya adalah ....
A.   cm
B.   cm
C.   cm
D.   10 cm cm

14.   Perhatikan gambar kubus dibawah, garis yang saling bersilangan adalah ....
A.   DH dengan DC
B.   AC dengan EG
C.   CF dengan AH
D.   BH dengan CE

15.   Berikut ini bukan merupakan kalimat terbuka adalah ....
A.   Tini memakai baju pramuka
B.   n + 5 = 7
C.   2a + 5b = 10
D.   2 + 5 = 7

16.   Himpunan penyelesaian dari persamaan:     6x - 7 = 3x + 14 adalah ....
A.   {19}
B.   {7}
C.   {-7}
D.   {-19}

17.   Himpunan penyelesaian dari 2x £ 9 + 5x de-ngan x Î R adalah ....
A.   {x | x ³ 3, x Î R}
B.   {x | x ³ -3, x Î R}
C.   {x | x £ -3, x Î R}
D.   {x | x £ 3, x Î R}

18.   Himpunan penyelesaian dari persamaan
         adalah ....
A.   {(x, y) | x = 2 + t, y = t, t Î R}
B.   {(x, y) | x = t, y = 3t - 6, t Î R}
C.   {(x, y) | x = 2 -  y = t, t Î R}
D.   {(x, y) | x = t, y = 6 - 3t, t Î R}

19.   Himpunan pasangan berurutan (x, y) yang merupakan penyelesaian dari : x + 2y £ 4 un-tuk x, y anggota bilangan asli adalah ....
A.   {(0, 0), (0, 1), (0, 2), (1, 0), (1, 1), (2, 0), (2, 1), (3, 0), (4, 0)}
B.   {(4, 0), (0, 2), (2, 1)}
C.   {(1, 1), (2, 1)}
D.   {(2, 1)}

20.   Gambar di bawah merupakan grafik him-punan penyelesaian dari persamaan ....
A.   5y - 2 = -7
B.   5y + 2 = 7
C.   7 + 5x = 2
D.   -7 + 5x = -2

21.   Grafik himpunan pertidaksamaan 5x + 13 ³ 3 adalah ....

22.   Perhatikan gambar grafik berikut:
       
        Persamaan yang memenuhi dari gambar grafik di atas adalah ....
A.   x + 2y = 5
                     x + 2y = 1
B.   x - 2y = 5
      x + 2y = 1
C.   2x - y = 5
      2x + y = 1
D.   2x - y = 5
      x + 2y = 1

23.   Gambar berikut yang merupakan solusi dari pertidaksamaan:
         adalah ....

24.   Seorang penjual tepung terigu mempunyai  26 kg tepung terigu jenis A dan 28 kg tepung terigu jenis B. Penjual tersebut ingin mem-peroleh campuran tepung terigu, yang akan dijualnya per kantong. Untuk tiap kantong campuran I, diperlukan 2 kg tepung terigu jenis A dan 3 kg tepung terigu jenis B. Untuk tiap kantong campuran II diperlukan 1 kg te-pung terigu jenis A dan 4 kg terigu jenis B. Harga tiap kantong untuk campuran I Rp1.600,00 dan harga tiap kantong untuk campuran II Rp1.800,00. Berapa kantong masing-masing campuran dapat dibuat agar dapat dijual dengan jumlah harga sebesar-besarnya. Jika banyak kantong campuran I adalah x dan banyak kantong campuran II adalah y, maka model matematika yang da-pat dibuat dari persoalan di atas adalah ....
A.   2x + 3y £ 26
                     4x + y £ 28
                     f(x, y) = 1600x + 1800y
                     x dan y masing-masing bilangan cacah
B.   2x + y £ 26
                     3x + 4y £ 28
                     f(x, y) = 1600x + 1800y
      x dan y masing-masing bilangan cacah
C.   3x + 2y £ 26
                     4x + y £ 28
                     f(x, y) = 1600x + 1800y
      x dan y masing-masing bilangan cacah
D.   3x + 2y £ 26
                     x + 4y £ 28
                     f(x, y) = 1600x + 1800y
      x dan y masing-masing bilangan cacah

25.   Garis selidik untuk nilai maksimum dari       5x + 3y yang memenuhi x + y £ 4, 2x + y £ 6, x ³ 0, x £ 5 dan y ³ 0 adalah ....
A.   5x + 3y = 8
B.   5x + 3y = 11
C.   5x + 3y = 13
D.   5x + 3y = 16

26.   Diketahui: P = {2, 4, 6, 8}
                        Q = {3, 6, 9}
        Diagram panah berikut yang memasangkan anggota-anggota P dengan anggota-anggota Q dengan relasi “lebih kecil dari” adalah ....
27.   Perhatikan diagram panah berikut
       
        Kodomain dari diagram panah di atas adalah ....
A.   {0, 1, 2, 3, 4, 8, 15}
B.   {1, 2, 3, 4}
C.   {0, 3, 8, 15}
D.   Æ

28.   Diagram panah berikut ini yang bukan fungsi adalah ....
29.   Berikut ini yang merupakan contoh fungsi implisit adalah ....
A.   y = x - 4            C.   h(x) = x2 - 1
B.   f(x) = 2x + 1      D.   5x - 2y = 10

30.   Grafik fungsi f:x ® 3x - 12 adalah ....

31.   Titik ekstrim dari fungsi: f(x) = 2x2 + x - 1 adalah ....
A.  
B.  
C.  
D.  

32.   Gambar grafik f(x) = x2 - 2x - 3 adalah ....
33.   Diketahui : f(x) = 2x2 - 3
        Nilai f(-2) - f(1) = ....
A.   6
B.   4
C.   -2
D.   -4

34.   Diketahui : f(x) = 2x
                        g(x) = 3x - 1
                        h(x) = x2 + 2x + 1
        (f o g o h)(x) = ....
A.   6x2 + 12x + 4
B.   6x2 + 12x - 4
C.   6x2 + 12x + 8
D.   6x2 + 12x - 8

35.   Berikut ini yang merupakan grafik :
        f(x) = alog x, dimana a > 1 adalah ....
36.   Diketahui : f(x) = 5x - 13
                        g(x) = 3x + 4
        (f o g)-1(x) = ....
A.  
B.  
C.  
D.  

37.   Nilai = ....
A.   4
B.   6
C.   8
D.   10

38.   Nilai P(3, 2) = ....
        A.   2
B.   4
C.   6
D.   8

39.   Banyaknya pengambilan 3 bola dari sekum-pulan bola-bola yang diberi nomor 1, 3, 5, 7, 9 dan 11 adalah ....
A.   20
B.   60
C.   120
D.   180
     
40.   Banyaknya salaman yang terjadi jika 10 orang saling berjabatan tangan adalah ....
A.   90 cara
B.   72 cara
C.   56 cara
D.   45 cara

41.   Banyaknya pilihan yang dipunyai oleh se-orang siswa jika disuruh menjawab 8 soal dari 10 soal ujian yang diajukan ada ....
A.   15 cara
B.   45 cara
C.   90 cara
D.   135 cara

42.   Jika sebuah dadu dilempar satu kali, maka peluang munculnya mata dadu prima adalah ....
A.  
B.  
C.  
D.  

43.   Dua buah dadu warna merah dan putih di-lempar secara bersama-sama. Peluang mun-culnya jumlah kedua mata dadu 5 atau 7 adalah ....
A.  
B.  
C.  
D.  

44.   Sebuah dadu dilempar dua kali. Jika A adalah kejadian munculnya mata dadu 3 pada pe-lemparan pertama dan B adalah kejadian munculnya mata dadu ganjil pada pelem-paran kedua, maka peluang A dan B adalah ....
A.  
B.  
C.  
D.  

45.   Nilai rata-rata dari tabel distribusi frekuensi di bawah adalah ....
Nilai
frekuensi
31 - 40
4
41 - 50
3
51 - 60
6
61 - 70
6
71 - 80
11
81 - 90
10
A.   52,75      
B.   67,25
C.   72,75
D.   87,25

46.   Modus dari data
     8, 9, 9, 10, 10, 11, 12, 12, 13, 13, 13, 14, 15, 15 adalah ....
A.   10
B.   12
C.   13
D.   15

47.   Median dari tabel distribusi di bawah adalah ....
Nilai
frekuensi
41 - 45
4
46 - 50
6
51 - 55
7
56 - 60
10
61 - 65
8
66 - 70
5
A.   56,5        
B.   57,0
C.   57,5
D.   58,0

48.   Diketahui data : 10, 8, 9, 7, 5, 5, 6, 8, 9, 10
        K2 dari data di atas adalah ....
A.   5
B.   6
C.   7
D.   8

49.   D8 dari tabel distribusi frekuensi di bawah adalah ....
Nilai
frekuensi
41 - 50
6
51 - 60
7
61 - 70
10
71 - 80
15
81 - 90
12
91 - 100
10
A.   88,83
B.   86,33
C.   84,83
D.   81,33

50.   Persentil ke 60 dari data :
        3, 3, 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 13, 14, 15, 16, 17
        adalah ....
A.   9,3
B.   10,6
C.   11,2
D.   12,4

No comments:

Post a Comment