LATIHAN
MANDIRI
SEJARAH SASTRA
(PBIN4110)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Suatu bidang
kajian ilmu sastra yang memperlihatkan perkembangan suatu negara, bangsa dan
daerah disebut
A. kritik sastra.
B. peryodisasi sastra.
C. sejarah sastra.
D. perkembangan sastra.
2. Ilmu yang
mempelajari tentang sastra dan berbagai permasalahannya disebut
A. sejarah sastra.
B. teori sastra.
C. ilmu sastra.
D. kritik sastra
3. Sejarah sastra mempunyai cakupan
yang luas. Ada sejarah sastra suatu bangsa, suatu daerah, dan suatu kesatuan
budaya dan lain-lain, lalu bila orang menyebutkan sejarah sastra klasik,
romantik, dan renaisance, ini berarti yang dimaksud oleh orang tersebut adalah
A. sejarah sastra suatu kebudayaan.
B. sejarah sastra suatu bangsa.
C. sejarah sastra suatu daerah.
D. sejarah sastra suatu jenis karya
sastra.
4. Sering kita
temui bentuk syair dipindahkan menjadi bentuk cerita. Hal ini merupakan
perkembangan sastra Indonesia dan cara itu termasuk
A. intelektualitas karya individual.
B. pengaruh timbal balik antar jenis
sastra.
C. resepsi sastra oleh pembaca.
D. sejarah sastra dan sejarah
umum.
5. Kepulauan
Nusantara terletak antara dua benua dan dua samudra yaitu
A. Benua Asia dan Amerika.
B. Benua Asia dan Afrika.
C. Benua Asia dan Eropa.
D. Benua Asia dan Australia.
6. Karena bangsa Eropa ingin
memiliki rempah-rempah, maka mereka melebarkan sayapnya di Nusantara ini.
Bangsa Eropa yang pertama melebarkan sayapnya adalah
A. Portugis.
B. Belanda.
C. Inggris.
D. Spanyol.
7. Semenanjung
Malaka jatuh ketangan Inggris dan portugal pada tahun
A. 1512.
B. 1511.
C. 1513.
D. 1515.
8. Sebagai wujud
perlawanan bangsa Indonesia dengan api Nasionalismenya terhadap pemerintahan
Belanda, dengan tercetusnya
A. proklamasi 1945.
B. penggunaan bahasa sebagai bahasa
pengantar di Dewan Rakyat pada tahun 1918.
C. penguasaan semenanjung Malaka
pada tahun 1511.
D. sumpah pemuda 28 Oktober 1928.
9. Hikayat
Simiskin, hikayat Malin Dewa, dan hikayat muda bangsawan adalah karya sastra
dalam bahasa melayu. Hikayat di atas tergolong
karya sastra
A. modern.
B. lama.
C. klasik.
D. kontemporer.
10. Setelah akhir abad ke - 19 sastra Indonesia
berganti menjadi sastra
A. Melayu.
B. Melayu modern.
C. Indonesia baru.
D. Indonesia modern.
11. Berkembangnya bahasa Melayu menjadi lingua
Franca di Indonesia berjalan secara alamiah, yaitu sebagai alat komunikasi para
A. pelajar.
B. pegawai.
C. pedagang.
D. perantau.
12. Sastra Melayu di Malaka setelah akhir abad
ke-19 tidak disebut sebagai sastra Indonesia, tetapi
A. sastra modern.
B. sastra Melayu modern.
C. sastra Indonesia modern.
D. sastra Indonesia lama.
13. Sastra daerah yang tidak menggunakan bahasa
Indonesia disebut
A. sastra modern.
B. sastra Indonesia.
C. sastra Melayu.
D. sastra Daerah.
14. Sastra Indonesia adalah sastra yang terbit
A. sebelum kemerdekaan Republik.
B. setelah kemerdekaan republik.
C. pada masa transisi.
D. pada masa penjajahan.
15. Sejak perkembangan bahasa Melayu menjadi
bahasa pemersatu di Sumatera, maka muncul berbagai istilah. Kesastraan yaitu
A. kesusasteraan Indonesia lama, kesusas-teraan
Indonesia Klasik.
B. kesusasteraan Indonesia, Daerah dan Melayu.
C. kesusasteraan lama, baru dan modern.
D. kesusasteraan melayu klasik Indonesia klasik
melayu modern, dan kesusasteraan Indonesia modern.
16. Ketika jaman kerajaan Sriwijaya bahasa
pengantar yang digunakan disekolah
tinggi agama Budha adalah
A. bahasa Sansekerta.
B. bahasa Melayu.
C. bahasa Tionghoa.
D. bahasa Hindustani.
17. Pertimbangan bahasa Melayu diangkat menjadi
bahasa Indonesia karena tiga hal berikut, kecuali
A. STRATA bahasa.
B. banyak penggunaannya.
C. sudah menyebar keseluruh Nusantara.
D. mudah dipelajari strukturnya.
18. Lahirnya kesusasteraan Indonesia menurut Umar
Yunus terjadi pada masa
A. kebangkitan Nasional.
B. Balai Pustaka.
C. Kemerdekaan.
D. Sumpah Pemuda.
19. Ayip Rosidi menentukan lahirnya sastra
Indonesia ditandai dengan
A. rasa apresiasi yang tinggi terhadap karya
sastra.
B. rasa kebangsaan pada karya sastra.
C. rasa penjiwaan penulis terhadap karya
sastranya.
D. memiliki rasa estetis yang tinggi.
20. Lahirnya kesusastraan Indonesia menurut
Slamet Mulyana yaitu
A. sebelum kemerdekaan.
B. setelah kemerdekaan.
C. ketika para penulis mulai membuat karya
sastra.
D. pada saat sumpah pemuda 28 Oktober 1928.
21. Pembagian kesusasteraan Indonesia atas dua
bagian besar yaitu. Kesusasteraan Melayu lama dan kesusasteraan Indonesia
Modern. Pembagian tersebut menurut
A. Ayip Rosidi.
B. Slamet Mulyana.
C. Nugroho Notosusanto.
D. A. TEEUW.
22. Tujuh pendapat pakar tentang pembagian
kesusasteraan Indonesia, pada dasarnya adalah
A. sama tujuannya.
B. berlainan tujuan.
C. ada yang sama dan ada yang berbeda.
D. hanya H.B. Yasin dan J.S. Badudu yang
berbeda.
23. Kebangkitan kesusasteraan Indonesia menurut
Nugroho Notosusanto adalah sebagai berikut, kecuali
A. 1966.
B. 1950.
C. 1920.
D. 1933.
24. Peran Pawang secara horizontal maupun
vertikal di dalam masyarakat pada jaman kesusasteraan Melayu asli sangat
A. menduakan Tuhan.
B. baik.
C. tidak baik.
D. kurang baik karena mengarah pada kepercayaan
dinamisme.
25. Cerita, asal usul, cerita binatang, cerita
jenaka dan cerita pelipur lara, adalah termasuk cerita
A. cerita rakyat.
B. cerita kerajaan.
C. cerita kaum cendekiawan.
D. cerita khusus anak-anak.
26. Dasar kepercayaan masyarakat purba adalah
kepercayaan animisme, yang dimaksud dengan kepercayaan animisme adalah percaya
kepada
A. roh-roh nenek moyang.
B. Ketuhanan yang Maha Esa.
C. dewa-dewa.
D. banyak Tuhan.
27. Di bawah ini adalah karya sastra rakyat, kecuali
A. cerita asal-usul.
B. cerita jenaka.
C. cerita jabel.
D. cerita pendek.
28. Yang membedakan ciri sastra jaman peralihan
dari kesusastraan Melayu ke kesusastraan Melayu modern adalah dilihat dari
sudut
A. tokoh-tokohnya.
B. isi dan bahasa.
C. gaya penulisan.
D. budaya.
29. Ramayana disusun dalam bentuk
A. puisi.
B. prosa.
C. soneta.
D. prosa berirama.
30. Ajaran yang tidak ada dalam Ramayana adalah
A. Arthasastra.
B. Intisastra.
C. Yogastra.
D. Darmasastra.
31. Ajaran moral yang terdapat dalam epos
Ramayana khusus ditujukan untuk kalangan
A. orang tua.
B. anak-anak.
C. muda-mudi.
D. orang dewasa.
32. Agama Islam berkembang di Nusantara pada abad
ke
A. 12 M.
B. 13 M.
C. 10 M.
D. 6 M.
33. Yang tidak termasuk ciri sastra zaman
peralihan adalah
A. Hero selalu perkasa.
B. Hero selalu mengembara.
C. Hero selalu memperoleh keberuntungan.
D. Hero selalu memperlihatkan kemalangan.
34. Pengaruh Islam yang ada dalam hikayat
Lang-Lang Buana adalah
A. Indra Bumaya putera Lela Gembara.
B. Indra Bumaya mencintai puteri Kesuma Dewi.
C. Puteri Kesuma Dewi dilarikan oleh Jin.
D. Indra Bumaya menjelma menjadi seorang bayi
sehat.
35. Deux’e
Machina dalam kehidupan seorang Hero berarti
A. persahabatan yang dijalani Hero.
B. kemalangan Hero yang selalu menimpa-nya.
C. pertolongan yang datang dengan tiba-tiba
terhadap Hero.
D. keberuntungan yang selalu datang kepada Hero.
36. Sastra yang didalamnya terdapat unsur sejarah
di sebut
A. sastra Undang-Undang.
B. sastra Sejarah.
C. sastra kontemporer.
D. sastra modern.
37. Di bawah ini merupakan ciri sastra sejarah kecuali
A. kata-kata konotatif.
B. adanya fantasi.
C. memiliki fakta sejarah.
D. cerita yang bertuliskan kata sejarah.
38. Berikut ini adalah sastra sejarah yang
dikenal. kecuali
A. Sejarah Melayu.
B. Hikayat Aceh.
C. Jalan tak ada ujung.
D. Misa Melayu.
39. Dalam penulisan sastra sejarah didahului
dengan
A. Generalisasi.
B. Geografi
C. Geneologi.
D. Generasi.
40. Secara global sastra melayu klasik terbagi
atas bentuk
A. puisi dan pantun.
B. prosa dan mantra.
C. puisi dan prosa.
D. prosa dan pribahasa.
41. Mantra teramsuk puisi
A. lama.
B. baru.
C. modern.
D. kontemporer.
42. Syair adalah bentuk puisi lama yang berasal
dari kesusasteraan
A. India.
B. Arab.
C. Aceh.
D. Melayu.
43. Kehadiran karya-karya Abdullah bin Abdul
Kadir Munsyi di Malaka pada abad 18 - 19 menandakan adanya peralihan
A. isi dan bentuk kesusasteraan Melayu Klasik.
B. isi dan bahasa kesusasteraan Melayu Klasik.
C. isi dan intonasi kesusasteraan Melayu Klasik.
D. isi dan irama kesusasteraan Melayu Klasik.
44. Abdullah diangkat sebagai juru bahasa karena
A. gigih mencari pekerjaan.
B. supel pergaulan.
C. mengatasi berbagai bahasa.
D. dekat dengan Raffles.
45. Abdullah seorang pengarang yang berasal dari
keturunan
A. India - Belanda.
B. Pakistan - India.
C. Arab - India.
D. Belanda - Arab.
46. Penyusunan perkembangan sejarah sastra
Indonesia dengan cara menggunakan
A. metode.
B. periodesasi.
C. peneliti sejarah sastra.
D. studi dan penulisan.
47. Pemberian nama angkatan 45, dikemukakan dalam
ruang Surat Kepercayaan Gelanggang dalam majalah Siasat oleh
A. Sanusi Pane.
B. Mohamad Yasin.
C. Mas Marco.
D. Rosihan Anwar.
48. Pelopor angkatan pujangga baru pada periode
30-an adalah
A. Sutan Takdir Alisyahbana, Armin Pane dan Amir
Hamzah.
B. Chairil Anwar, Rosihan Anwar dan Sanusi Pane.
C. W.S. Rendra, Taufik Ismail dan Ayip Rosidi.
D. Supardi Djoko, Kiryo Mulyo dan M. Saribi Afin.
49. Karya-karya Nugroho Notosusanto dikatakan karya puncak Angkatan
50-an karena
A. anti penjajahan Belanda.
B. mengisahkan pemuda-pemuda usia muda yang berperang membela negara.
C. gaya ceritanya yang lincah dan harmonis.
D. umumnya mengungkapkan pengalaman-nya dalam perjuangan kemerdekaan
dengan tema-tema kemanusiaan.
50. Munculnya angkatan 70-an ditandai dengan
A. mengubah bentuk puisi.
B. gagasan baru dalam karya sastra.
C. pembacaan tidak mengutamakan into-nasi.
D. menghilangkan aturan-aturan puisi.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 51
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
51. Menurut Todorov; 1985 : 61, bahwa tugas sejarah sastra adalah
1) meneliti keragaman setiap kategori sastra
2) meneliti jenis karya sastra baik secara diakronis, maupun secara
sinkronis.
3) menentukan kaidah keragaman peralihan sastra
dari suatu masa ke masa berikutnya
52. Pembicaraan dalam sejarah sastra menyangkut
1) para pengarang dan karyanya
2) puncak-puncak karya sastra
3) peristiwa yang menarik seputar sastra
53. Sejarah sastra yang membicarakan tentang
perkembangan jenis sastra terlihat pada
1) perkembangan novel Indonesia
2) Sanusi Pane dan pengarangnya
3) roman dua puluhan
54. Beberapa abad yang lalu, timbul
kerajaan-kerajaan besar. Kerajaan besar itu adalah
1) Sriwijaya
2) Majapahit
3) Malaka
55. Untuk mengeruk keuntungan dari bumi Indonesia
ini, Belanda menerapkan politik yang merusak hati bangsa Indonesia. Politik itu
adalah politik
1) pecah belah (Devide et impera)
2) tanam paksa (culture stelsel)
3) etis
56. Nama-nama yang menyebarluaskan peng-gunaan
bahasa Melayu secara Nasional adalah
1) H.O.S Cokroaminoto
2) Abdul Muis
3) H. Agus Salim
57. Di India terdapat dua epos terkenal yaitu
epos
1) Ramayana
2) Mahabarata
3) Nitisastra
58. Epos Ramayana berisi ajaran moral untuk
muda-mudi, ajaran itu disebut
1) Artha sastra
2) Darma sastra
3) Nitisastra
59. Di Melayu cerita Panji dan Pandawa Jaya
terdiri dengan berbagai versi yaitu
1) Hikayat Galuh Djaritung
2) Hikayat Panji Kuda Semirang
3) Hikayat undakan Piranti
60. Di jaman peralihan Hindu-Islam hikayat yang
termasuk ke dalamnya adalah
1) Hikayat Isma Yatim
2) Hikayat Indra Bengawan
3) Hikayat Nabi Bercukur
No comments:
Post a Comment