LATIHAN MANDIRI
EVALUASI PEMBELAJARAN TK
(PGTK2303)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 60, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Proses
mengumpulkan data dasar dalam pembelajaran dan menelaah data tersebut untuk
mengetahui tingkat efektivitasnya disebut ....
A. asesmen
B. evaluasi
C. pengukuran
D. penilaian
2. Proses
mengumpulkan data dan menelaahnya sebagai bukti tentang kebutuhan, keunggulan,
kemampuan dan pencapaian perkembangan dan belajar anak didik disebut ....
A. asesmen
B. evaluasi
C. pengukuran
D. penilaian
3. Evaluasi adalah suatu kegiatan
yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran, sedangkan untuk
mengetahui manfaat yang diperoleh dari pembelajaran disebut asesmen. Pernyataan
tersebut merupakan perbedaan asesmen dan evaluasi yang dikemukakan oleh ....
A. Dockett
B. Terms
C. Linn dan Gronlund
D. Frith dan Machintosh
4. Evaluasi yang
dilakukan untuk memperoleh gambaran perkembangan anak secara menyeluruh dan
lengkap disebut evaluasi ....
A. jangka pendek
B. jangka panjang
C. formatif
D. sumatif
5. Evaluasi diupayakan dapat menangkap kewajaran
perilaku anak tanpa direkayasa dan dialami. Hal tersebut merupakan salah satu
kondisi yang melatarbelakangi prinsip-prinsip evaluasi, yaitu ....
A. menyeimbangkan pengaruh evaluasi
B. kongruensi dengan filsafat
C. dilemma nilai
D. pentingnya asesmen dan evaluasi
otentik
6. Hasil evaluasi harus
konsisten/ajeg kapanpun dilakukan. Hal itu merupakan salah satu prinsip
evaluasi ....
A. obyektif
B. komprehensif
C. validitas
D. reliabilitas
7. Proses
pendidikan yang dilakukan guru TK mengacu pada ....
A. komponen pendidikan
B. tujuan pendidikan
C. media pembelajaran
D. sarana pembelajaran
8. Dalam proses
dan evaluasi pembelajaran, guru memiliki peran sangat penting karena ....
A. evaluasi merupakan akhir
pembelajaran
B. evaluasi harus sesuai dengan
tujuan pembelajaran
C. guru paling tahu tentang kemajuan
anak
D. hanya guru yang tahu tentang
evaluasi
9. Beberapa cara
menyampaikan informasi kemajuan anak didik kepada orang tua adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A. menuliskan dalam papan pengumuman
B. melaporkan secara tertulis
C. melaporkan secara lisan
D. menunjukkan hasil pekerjaan anak
10. Prosedur
formatif merupakan prosedur yang tepat untuk anak usia dini karena anak akan
menampilkan dirinya secara optimal dalam konteks ....
A. formal, terstruktur dan serius
B. informal, alami dan bermakna
C. formal, alami dan santai
D. informal, santai dan bertujuan
11. Kekuatan yang dapat menimbulkan rasa percaya
diri pada guru TK adalah kemampuan ....
A. mengungkapkan perasaan, perhatian dan rasa
ingin tahu
B. mengkomunikasikan perasaan dan pemikiran
C. menyalurkan ide-ide dalam bentuk tulisan
D. merefleksi, menganalisis dan menindaklanjuti
proses pembelajaran
12. Kemampuan guru TK dalam mengkomuni-kasikan
dapat dilatih dengan cara ....
A. mengamati tingkah laku anak
B. berdiskusi dengan teman sejawat
C. belajar melalui buku-buku
D. memahami perkembangan anak
13. Titik awal pendidikan anak dimulai dari ....
A. hal-hal yang mampu dilakukan anak
B. usia sedini mungkin
C. keterampilan motorik kasar anak
D. ketika anak membutuhkan bantuan
14. Tiara seringkali malas ketika kegiatan
menggunting. Ibu Ira sebagai gurunya selalu mendekati dan mendorongnya agar mau
menyelesaikan pekerjaannya tersebut. Tindakan
yang dilakukan Ibu Ira merupakan motivasi ....
A. eksternal
B. internal
C. intrinsik
D. ekstrinsik
15. Evaluasi pembelajaran di TK perlu dilakukan
dengan tujuan ....
A. meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak
B. meningkatkan proses pembelajaran dan hasil
belajar anak
C. mengembangkan kemampuan guru
D. mengetahui kemiripan pola perkembangan anak
16. Berikut ini adalah berbagai hal yang menjadi
fokus evaluasi, kecuali ....
A. guru sebagai tenaga pendidik
B. anak didik
C. kurikulum
D. desain program dan pelaksanaannya
17. Teknik pengumpulan data dalam rangka evaluasi
yang sering dilakukan di TK adalah ....
A. observasi
B. kuesioner
C. tes buku
D. survei
18. Agar data/informasi yang dikumpulkan sesuai
dengan tujuan dan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, maka diperlukan ....
A. pengumpul data yang sesuai
B. ketelitian dalam mengumpulkan data
C. strategi pengumpulan data/informasi
D. sumber data yang beragam
19. Perhatian data berikut ....
Nama anak : Tosan
Fokus
|
Indikator
|
Sub
indikator
|
Penilaian
ke
1
2 3
|
Melompat
|
Melompat dengan dua kaki ke depan 1 – 5 lompatan
|
· melompat satu
lompatan
· melompat
dua sampai tiga lompatan
· melompat
sampai 5 lompatan
|
X
X V
X
X V
X X
X
|
X =
belum dapat melompat
V =
sudah dapat melompat
Dari data tersebut dapat
disimpulkan bahwa Tosan
A. belum dapat melompat dengan baik
B. sudah dapat melompat dengan baik
C. dapat melanjutkan pada kemampuan berikutnya
D. tidak dapat dianalisis hasilnya
20. Salah satu asumsi dasar yang melandasi
asesmen otentik adalah ....
A. minat dan bakat anak
B. ilmu pendidikan anak
C. proses pertumbuhan anak
D. pendidikan anak usia dini
21. Perkembangan aspek-aspek perkembangan setiap
anak berlangsung dengan kecepatan dan irama yang ....
A. cepat
B. tetap
C. berbeda
D. lambat
22. Ketika bermain balok, Widi menyusun balok
sambil terus berbicara seolah-olah sedang menjadi arsitek dalam pembangunan
jembatan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh asumsi mengenai belajar anak
....
A. proses belajar berlangsung dari konkrit ke
abstrak
B. berpusat pada anak
C. anak lebih mudah menghafal
D. meliputi banyak jenis kecerdasan
23. Dalam mengases anak didik, guru perlu
mengamati gaya bahasa dan lingkungan anak, kosa kata dan jenis pengetahuannya
karena ....
A. negara kita terdiri dari beraneka ragam
budaya
B. lebih mudah diamati dan dianalisis
C. setiap anak membawa nilai budaya dari rumah
D. sesuai dengan tuntutan kurikulum
24. Berikut ini beberapa asumsi mengenai proses
pembelajaran, kecuali ....
A. berpusat pada anak
B. terjadi dalam kelompok kecil atau perorangan
C. belajar sepanjang hari
D. mengakui keberagaman budaya dan keunikan
belajar anak
25. Membandingkan hasil asesmen antar anak, kecil
sekali manfaatnya karena ....
A. hal tersebut dapat membingungkan orang tua
B. tiap anak memiliki keunikan tersendiri
C. tidak sesuai dengan prinsip evaluasi
D. dapat mematikan motivasi anak
26. Berikut ini merupakan karakteristik dari
asesmen otentik, kecuali ....
A. pengumpulan data bukti
B. penelaahan kebutuhan anak
C. pengambilan rujukan secara luas
D. penilaian secara kelompok
27. Dalam asesmen otentik, penilaian disajikan
dalam bentuk ....
A. huruf
B. angka
C. naratif
D. simbol
28. Ciri strategi asesmen otentik adalah
pengamatan dengan mengambil sampel secara ....
A. komprehensif
B. representatif
C. kualitatif
D. subjektif
29. Informasi asesmen dapat digunakan untuk
merubah atau memperbaiki kurikulum guna memenuhi kebutuhan anak secara
perorangan. Pernyataan tersebut merupakan ....
A. maksud dari asesmen gestalt
B. karakteristik asesmen gestalt
C. ciri-ciri asesmen otentik
D. kriteria asesmen otentik
30. Berikut adalah komponen yang tidak termasuk
pola dasar asesmen anak di TK ....
A. apa yang mau diases
B. mengapa mengases
C. bagaimana cara mengases
D. diapakan hasil pengasesannya
31. Fokus pertama penyusunan asesmen otentik
terdapat pada langkah ....
A. apa yang akan diases
B. kapan dan dimana asesmen dilakukan
C. siapa yang terlibat
D. apa maksud dan tujuan asesmen
32. Pencapaian belajar anak yang perlu dideskripsikan adalah ....
A. perubahan perkembangannya
B. jenis perkembangannya
C. kekurangan dan kegagalan anak
D. perubahan fisiologis anak
33. Dalam gerak motorik kasar data informasi
harus secara terus menerus, sehingga dapat ....
A. melihat hasil dan kekurangan setiap anak
B. menunjukkan kegiatan pembelajaran yang sesuai
C. memastikan kepemilikan kompetensi anak didik
D. melibatkan anak secara langsung
34. Di bawah ini beberapa domain belajar fundamental
menurut Ralph, kecuali ....
A. konsep diri, komunikasi, seni dan
musik
B. konsep diri, berpikir kreatif dan peduli
sosial
C. nilai budaya, fisik/kesehatan dan komunikasi
D. peduli lingkungan, pengenalan teknologi dan
konsep diri
35. Kategori belajar dalam bidang perasaan
menurut Katz, yaitu ....
A. kompeten, rasa aman, guru dan rasa percaya
diri
B. jasmaniah, verbal, sosial dan berhitung
C. kreativitas, kooperasi, berprakarsa dan
keingintahuan
D. fakta, konsep, gagasan dan kosakata
36. Alat ukur baku yang digunakan untuk mengukur
perkembangan anak yang disebut asesmen formal antara lain ....
A. perangkat tes yang dibuat guru
B. asesmen buatan guru
C. tes hasil belajar
D. asesmen otentik
37. Tes baku tidak banyak digunakan untuk
mengevaluasi pembelajaran di TK dengan alasan ....
A. anak mudah diberi pertanyaan
B. sikap dan perilaku anak cenderung stabil
C. anak mempunyai rentang perhatian yang singkat
D. anak tidak mudah terpengaruh pada suasana di
sekitarnya
38. Salah satu karakteristik asesmen ditentukan pada strategi formal
adalah ....
A. berpusat pada kurikulum
B. terkandung dalam kurikulum
C. berdasar pada teori tentang evaluasi
D. bersifat spontan dan insindental
39. Kriteria agar asesmen informal menjadi formal
antara lain ....
A. mudah berubah sesuai situasi
B. bersifat baku dan standar
C. bisa menguntungkan anak didik
D. sesuai keinginan penilai
40. Asesmen informal dapat dijamin tingkat
reliabilitasnya dengan cara ....
A. pengamatan dilakukan beberapa kali
B. pengamat lebih dari satu orang
C. meningkatkan jumlah sampel
D. mengembangkan soal tes yang standar
41. Teknik asesmen yang paling tepat untuk
menangkap kinerja dan proses secara terus menerus antara lain ....
A. pencatatan anekdotal, merupakan catatan
singkat, rinci dan lengkap
B. ceklis, digunakan untuk mengukur kecerdasan
matematika
C. sampel produk, diambil dari semua hasil karya
anak
D. pengamatan, dilakukan seminggu sekali
42. Gejala, tanda, indikator munculnya suatu
perubahan pertumbuhan dan perkembangan pada anak disebut ....
A. proposisi
B. prediksi
C. preposisi
D. profisiensi
43. Agar dapat menangkap gejala perubahan
pertumbuhan dan perkembangan anak, penilai perlu mencermati ....
A. penampilan anak didik
B. aktivitas anak dalam kegiatan terpimpin
C. kinerja, proses dan produk anak didik
D. pemahaman anak tentang dirinya sendiri
44. Pihak-pihak yang terlibat dalam penilaian di
TK adalah ....
A. anak lain, guru dan kepala sekolah
B. orang tua, guru dan anak
C. guru, orang tua dan kepala sekolah
D. guru, orang tua dan anak lain
45. Berikut adalah momentum yang sebaiknya
dilakukan asesmen dan evaluasi pada anak, kecuali ....
A. penugasan dalam kerja kelompok
B. suasana istirahat
C. demi kepentingan guru
D. kejadian-kejadian atau peristiwa khusus
46. Sasaran evaluasi dalam program pendidikan di
Taman Kanak-kanak adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. jumlah siswa
B. tujuan yang telah ditetapkan
C. pengembangan kurikulum
D. hasil belajar siswa
47. Kegiatan memperhatikan anak didik dengan
tujuan untuk mengetahuai sesuatu yang disertai dengan mengetahui faktanya
disebut ....
A. observasi
B. simulasi
C. partisipasi
D. obsesi
48. Pengamatan yang terjadi secara sekilas pada
saat yang tidak direncanakan disebut pengamatan ....
A. rutin
B. berpengetahuan
C. terfokus
D. insidental
49. “Memperhatikan sasaran dengan rinci”
merupakan karakteristik pengamatan ....
A. rutin
B. berpengetahuan
C. terfokus
D. insidental
50. Mengenali bentuk-bentuk perilaku yang dapat
diamati sangat membantu penilai dalam mengumpulkan ....
A. data mentah
B. penilaian
C. sumber asesmen
D. daftar perilaku
51. Catatan anekdotal adalah suatu tulisan singkat mengenai suatu
peristiwa yang ....
A. berlangsung setiap hari
B. direncanakan oleh guru
C. terpimpin
D. berarti dan bermakna
52. Catatan
anekdotal sebaiknya ditulis persis sama seperti yang dikatakan atau dilakukan
anak didik. Hal itu disebut ....
A. vignettes
B. naratif
C. verbatim
D. checklist
53. Berikut ini adalah pernyataan tentang ceklis yang tepat ....
A. dapat dipakai untuk mengases kinerja, proses dan produk anak didik
B. didisain hanya oleh ahli kurikulum dan evaluasi
C. didisain untuk memotret program kegiatan di TK
D. mencerminkan keinginan penilai
54. Langkah pertama dilakukan ketika merancang
ceklis adalah ....
A. mengidentifikasi keterampilan yang akan
diases
B. mempelajari setiap kategori
C. menentukan alat yang akan digunakan
D. mengorganisasi urutan ceklis
55. Berikut ini tidak termasuk kelebihan ceklis, kecuali
....
A. mudah digunakan
B. memerlukan waktu dalam penggunaannya
C. tersedia kapan saja
D. bersifat fleksibel
56. Sebagai alat untuk pengamatan, ceklis
memiliki kelemahan-kelemahan sebagai berikut, kecuali ....
A. memerlukan waktu dalam
penggunaannya
B. mengurangi waktu bermain dengan anak didik
C. tersedia kapan saja
D. ceklis bukanlah suatu instrumen
57. Skala jenjang adalah salah satu alat untuk
merekam observasi yang mempersyaratkan pengamat memahami ....
A. teori perkembangan anak
B. keterampilan mengajar
C. suasana sekitar dan perasaan anak
D. kategori belajar dan perkembangan anak
58. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam
menyusun skala jenjang adalah ....
A. dibuat secara bebas
B. waktunya harus tetap
C. direkam melalui observasi
D. skala harus tetap
59. Kegiatan mencatat frekuensi suatu perilaku
anak dalam suatu periode waktu tertentu merupakan tujuan dari ....
A. sampling waktu
B. sampling peristiwa
C. catatan anekdotal
D. ceklis
60. Salah satu manfaat dari wawancara adalah ....
A. pengertian yang mendalam tentang arti- makna pengalaman anak didik
B. guru lebih menguasai anak didik
C. anak didik lebih leluasa mengungkapkan
perasaan
D. anak harus menjawab benar atau salah
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete