Cloud Hosting Indonesia

18 April, 2014

Soal Evaluasi Pembelajaran TK



LATIHAN MANDIRI
EVALUASI PEMBELAJARAN TK
(PGTK2303)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 60,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Proses mengumpulkan data dasar dalam pembelajaran dan menelaah data tersebut untuk mengetahui tingkat efektivitasnya disebut ....       
A.   asesmen
B.   evaluasi
C.   pengukuran
D.   penilaian

2.   Proses mengumpulkan data dan menelaahnya sebagai bukti tentang kebutuhan, keunggulan, kemampuan dan pencapaian perkembangan dan belajar anak didik disebut ....    
A.   asesmen
B.   evaluasi
C.   pengukuran
D.   penilaian
     
3.   Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dari pembelajaran disebut asesmen. Pernyataan tersebut merupakan perbedaan asesmen dan evaluasi yang dikemukakan oleh ....
A.   Dockett
B.   Terms
C.   Linn dan Gronlund
D.   Frith dan Machintosh

4.   Evaluasi yang dilakukan untuk memperoleh gambaran perkembangan anak secara menyeluruh dan lengkap disebut evaluasi ....
A.   jangka pendek
B.   jangka panjang
C.   formatif
D.   sumatif

5.   Evaluasi diupayakan dapat menangkap kewajaran perilaku anak tanpa direkayasa dan dialami. Hal tersebut merupakan salah satu kondisi yang melatarbelakangi prinsip-prinsip evaluasi, yaitu ....
A.   menyeimbangkan pengaruh evaluasi
B.   kongruensi dengan filsafat
C.   dilemma nilai
D.   pentingnya asesmen dan evaluasi otentik

6.   Hasil evaluasi harus konsisten/ajeg kapanpun dilakukan. Hal itu merupakan salah satu prinsip evaluasi ....
A.   obyektif
B.   komprehensif
C.   validitas
D.   reliabilitas

7.   Proses pendidikan yang dilakukan guru TK mengacu pada ....
A.   komponen pendidikan
B.   tujuan pendidikan
C.   media pembelajaran
D.   sarana pembelajaran

8.   Dalam proses dan evaluasi pembelajaran, guru memiliki peran sangat penting karena ....
A.   evaluasi merupakan akhir pembelajaran
B.   evaluasi harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
C.   guru paling tahu tentang kemajuan anak
D.   hanya guru yang tahu tentang evaluasi

9.   Beberapa cara menyampaikan informasi kemajuan anak didik kepada orang tua adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   menuliskan dalam papan pengumuman
B.   melaporkan secara tertulis
C.   melaporkan secara lisan
D.   menunjukkan hasil pekerjaan anak

10.   Prosedur formatif merupakan prosedur yang tepat untuk anak usia dini karena anak akan menampilkan dirinya secara optimal dalam konteks ....
A.   formal, terstruktur dan serius
B.   informal, alami dan bermakna
C.   formal, alami dan santai
D.   informal, santai dan bertujuan

11.   Kekuatan yang dapat menimbulkan rasa percaya diri pada guru TK adalah kemampuan ....
A.   mengungkapkan perasaan, perhatian dan rasa ingin tahu
B.   mengkomunikasikan perasaan dan pemikiran
C.   menyalurkan ide-ide dalam bentuk tulisan
D.   merefleksi, menganalisis dan menindaklanjuti proses pembelajaran

12.   Kemampuan guru TK dalam mengkomuni-kasikan dapat dilatih dengan cara ....
A.   mengamati tingkah laku anak
B.   berdiskusi dengan teman sejawat
C.   belajar melalui buku-buku
D.   memahami perkembangan anak

13.   Titik awal pendidikan anak dimulai dari ....
A.   hal-hal yang mampu dilakukan anak
B.   usia sedini mungkin
C.   keterampilan motorik kasar anak
D.   ketika anak membutuhkan bantuan

14.   Tiara seringkali malas ketika kegiatan menggunting. Ibu Ira sebagai gurunya selalu mendekati dan mendorongnya agar mau menyelesaikan pekerjaannya tersebut. Tindakan yang dilakukan Ibu Ira merupakan motivasi ....
A.   eksternal
B.   internal
C.   intrinsik
D.   ekstrinsik

15.   Evaluasi pembelajaran di TK perlu dilakukan dengan tujuan ....
A.   meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak
B.   meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar anak
C.   mengembangkan kemampuan guru
D.   mengetahui kemiripan pola perkembangan anak

16.   Berikut ini adalah berbagai hal yang menjadi fokus evaluasi, kecuali ....
A.   guru sebagai tenaga pendidik
B.   anak didik
C.   kurikulum
D.   desain program dan pelaksanaannya

17.   Teknik pengumpulan data dalam rangka evaluasi yang sering dilakukan di TK adalah ....
A.   observasi
B.   kuesioner
C.   tes buku
D.   survei

18.   Agar data/informasi yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan dan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, maka diperlukan ....
A.   pengumpul data yang sesuai
B.   ketelitian dalam mengumpulkan data
C.   strategi pengumpulan data/informasi
D.   sumber data yang beragam

19.   Perhatian data berikut ....
Nama anak : Tosan
Fokus
Indikator
Sub indikator
Penilaian ke
  1       2       3
Melompat
Melompat dengan dua kaki ke depan 1 – 5 lompatan
·   melompat   satu lompatan
·   melompat dua sampai tiga lompatan
·   melompat sampai 5 lompatan
 X      X       V

 X      X       V


 X      X       X
X  =  belum dapat melompat
V  =  sudah dapat melompat
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Tosan
A.   belum dapat melompat dengan baik
B.   sudah dapat melompat dengan baik
C.   dapat melanjutkan pada kemampuan berikutnya
D.   tidak dapat dianalisis hasilnya

20.   Salah satu asumsi dasar yang melandasi asesmen otentik adalah ....
A.   minat dan bakat anak
B.   ilmu pendidikan anak
C.   proses pertumbuhan anak
D.   pendidikan anak usia dini

21.   Perkembangan aspek-aspek perkembangan setiap anak berlangsung dengan kecepatan dan irama yang ....
A.   cepat
B.   tetap
C.   berbeda
D.   lambat

22.   Ketika bermain balok, Widi menyusun balok sambil terus berbicara seolah-olah sedang menjadi arsitek dalam pembangunan jembatan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh asumsi mengenai belajar anak ....
A.   proses belajar berlangsung dari konkrit ke abstrak
B.   berpusat pada anak
C.   anak lebih mudah menghafal
D.   meliputi banyak jenis kecerdasan

23.   Dalam mengases anak didik, guru perlu mengamati gaya bahasa dan lingkungan anak, kosa kata dan jenis pengetahuannya karena ....
A.   negara kita terdiri dari beraneka ragam budaya
B.   lebih mudah diamati dan dianalisis
C.   setiap anak membawa nilai budaya dari rumah
D.   sesuai dengan tuntutan kurikulum
24.   Berikut ini beberapa asumsi mengenai proses pembelajaran, kecuali ....
A.   berpusat pada anak
B.   terjadi dalam kelompok kecil atau perorangan
C.   belajar sepanjang hari
D.   mengakui keberagaman budaya dan keunikan belajar anak

25.   Membandingkan hasil asesmen antar anak, kecil sekali manfaatnya karena ....
A.   hal tersebut dapat membingungkan orang tua
B.   tiap anak memiliki keunikan tersendiri
C.   tidak sesuai dengan prinsip evaluasi
D.   dapat mematikan motivasi anak

26.   Berikut ini merupakan karakteristik dari asesmen otentik, kecuali ....
A.   pengumpulan data bukti
B.   penelaahan kebutuhan anak
C.   pengambilan rujukan secara luas
D.   penilaian secara kelompok

27.   Dalam asesmen otentik, penilaian disajikan dalam bentuk ....
A.   huruf
B.   angka
C.   naratif
D.   simbol

28.   Ciri strategi asesmen otentik adalah pengamatan dengan mengambil sampel secara ....
A.   komprehensif
B.   representatif
C.   kualitatif
D.   subjektif

29.   Informasi asesmen dapat digunakan untuk merubah atau memperbaiki kurikulum guna memenuhi kebutuhan anak secara perorangan. Pernyataan tersebut merupakan ....
A.   maksud dari asesmen gestalt
B.   karakteristik asesmen gestalt
C.   ciri-ciri asesmen otentik
D.   kriteria asesmen otentik

30.   Berikut adalah komponen yang tidak termasuk pola dasar asesmen anak di TK ....
A.   apa yang mau diases
B.   mengapa mengases
C.   bagaimana cara mengases
D.   diapakan hasil pengasesannya

31.   Fokus pertama penyusunan asesmen otentik terdapat pada langkah ....
A.   apa yang akan diases
B.   kapan dan dimana asesmen dilakukan
C.   siapa yang terlibat
D.   apa maksud dan tujuan asesmen

32.   Pencapaian belajar anak yang perlu dideskripsikan adalah ....
A.   perubahan perkembangannya
B.   jenis perkembangannya
C.   kekurangan dan kegagalan anak
D.   perubahan fisiologis anak

33.   Dalam gerak motorik kasar data informasi harus secara terus menerus, sehingga dapat ....
A.   melihat hasil dan kekurangan setiap anak
B.   menunjukkan kegiatan pembelajaran yang sesuai
C.   memastikan kepemilikan kompetensi anak didik
D.   melibatkan anak secara langsung

34.   Di bawah ini beberapa domain belajar fundamental menurut Ralph, kecuali ....
A.   konsep diri, komunikasi, seni dan musik
B.   konsep diri, berpikir kreatif dan peduli sosial
C.   nilai budaya, fisik/kesehatan dan komunikasi
D.   peduli lingkungan, pengenalan teknologi dan konsep diri

35.   Kategori belajar dalam bidang perasaan menurut Katz, yaitu ....
A.   kompeten, rasa aman, guru dan rasa percaya diri
B.   jasmaniah, verbal, sosial dan berhitung
C.   kreativitas, kooperasi, berprakarsa dan keingintahuan
D.   fakta, konsep, gagasan dan kosakata

36.   Alat ukur baku yang digunakan untuk mengukur perkembangan anak yang disebut asesmen formal antara lain ....
A.   perangkat tes yang dibuat guru
B.   asesmen buatan guru
C.   tes hasil belajar
D.   asesmen otentik

37.   Tes baku tidak banyak digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran di TK dengan alasan ....
A.   anak mudah diberi pertanyaan
B.   sikap dan perilaku anak cenderung stabil
C.   anak mempunyai rentang perhatian yang singkat
D.   anak tidak mudah terpengaruh pada suasana di sekitarnya

38.   Salah satu karakteristik asesmen ditentukan pada strategi formal adalah ....
        A.   berpusat pada kurikulum
B.   terkandung dalam kurikulum
C.   berdasar pada teori tentang evaluasi
D.   bersifat spontan dan insindental

39.   Kriteria agar asesmen informal menjadi formal antara lain ....
A.   mudah berubah sesuai situasi
B.   bersifat baku dan standar
C.   bisa menguntungkan anak didik
D.   sesuai keinginan penilai
     
40.   Asesmen informal dapat dijamin tingkat reliabilitasnya dengan cara ....
A.   pengamatan dilakukan beberapa kali
B.   pengamat lebih dari satu orang
C.   meningkatkan jumlah sampel
D.   mengembangkan soal tes yang standar

41.   Teknik asesmen yang paling tepat untuk menangkap kinerja dan proses secara terus menerus antara lain ....
A.   pencatatan anekdotal, merupakan catatan singkat, rinci dan lengkap
B.   ceklis, digunakan untuk mengukur kecerdasan matematika
C.   sampel produk, diambil dari semua hasil karya anak
D.   pengamatan, dilakukan seminggu sekali

42.   Gejala, tanda, indikator munculnya suatu perubahan pertumbuhan dan perkembangan pada anak disebut ....
A.   proposisi
B.   prediksi
C.   preposisi
D.   profisiensi

43.   Agar dapat menangkap gejala perubahan pertumbuhan dan perkembangan anak, penilai perlu mencermati ....
A.   penampilan anak didik
B.   aktivitas anak dalam kegiatan terpimpin
C.   kinerja, proses dan produk anak didik
D.   pemahaman anak tentang dirinya sendiri
44.   Pihak-pihak yang terlibat dalam penilaian di TK adalah ....
A.   anak lain, guru dan kepala sekolah
B.   orang tua, guru dan anak
C.   guru, orang tua dan kepala sekolah
D.   guru, orang tua dan anak lain

45.   Berikut adalah momentum yang sebaiknya dilakukan asesmen dan evaluasi pada anak, kecuali ....
A.   penugasan dalam kerja kelompok
B.   suasana istirahat
C.   demi kepentingan guru
D.   kejadian-kejadian atau peristiwa khusus

46.   Sasaran evaluasi dalam program pendidikan di Taman Kanak-kanak adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.   jumlah siswa
B.   tujuan yang telah ditetapkan
C.   pengembangan kurikulum
D.   hasil belajar siswa

47.   Kegiatan memperhatikan anak didik dengan tujuan untuk mengetahuai sesuatu yang disertai dengan mengetahui faktanya disebut ....
A.   observasi
B.   simulasi
C.   partisipasi
D.   obsesi

48.   Pengamatan yang terjadi secara sekilas pada saat yang tidak direncanakan disebut pengamatan ....
A.   rutin
B.   berpengetahuan
C.   terfokus
D.   insidental

49.   “Memperhatikan sasaran dengan rinci” merupakan karakteristik pengamatan ....
A.   rutin
B.   berpengetahuan
C.   terfokus
D.   insidental

50.   Mengenali bentuk-bentuk perilaku yang dapat diamati sangat membantu penilai dalam mengumpulkan ....
A.   data mentah
B.   penilaian
C.   sumber asesmen
D.   daftar perilaku

51.   Catatan anekdotal adalah suatu tulisan singkat mengenai suatu peristiwa yang ....
A.   berlangsung setiap hari
B.   direncanakan oleh guru
C.   terpimpin
D.   berarti dan bermakna

52.   Catatan anekdotal sebaiknya ditulis persis sama seperti yang dikatakan atau dilakukan anak didik. Hal itu disebut ....
A.   vignettes
B.   naratif
C.   verbatim
D.   checklist

53.   Berikut ini adalah pernyataan tentang ceklis yang tepat ....
A.   dapat dipakai untuk mengases kinerja, proses dan produk anak didik
B.   didisain hanya oleh ahli kurikulum dan evaluasi
C.   didisain untuk memotret program kegiatan di TK
D.   mencerminkan keinginan penilai

54.   Langkah pertama dilakukan ketika merancang ceklis adalah ....
A.   mengidentifikasi keterampilan yang akan diases
B.   mempelajari setiap kategori
C.   menentukan alat yang akan digunakan
D.   mengorganisasi urutan ceklis

55.   Berikut ini tidak termasuk kelebihan ceklis, kecuali ....
A.   mudah digunakan
B.   memerlukan waktu dalam penggunaannya
C.   tersedia kapan saja
D.   bersifat fleksibel
     
56.   Sebagai alat untuk pengamatan, ceklis memiliki kelemahan-kelemahan sebagai berikut, kecuali ....
A.   memerlukan waktu dalam penggunaannya
B.   mengurangi waktu bermain dengan anak didik
C.   tersedia kapan saja
D.   ceklis bukanlah suatu instrumen

57.   Skala jenjang adalah salah satu alat untuk merekam observasi yang mempersyaratkan pengamat memahami ....
A.   teori perkembangan anak
B.   keterampilan mengajar
C.   suasana sekitar dan perasaan anak
D.   kategori belajar dan perkembangan anak

58.   Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyusun skala jenjang adalah ....
A.   dibuat secara bebas
B.   waktunya harus tetap
C.   direkam melalui observasi
D.   skala harus tetap

59.   Kegiatan mencatat frekuensi suatu perilaku anak dalam suatu periode waktu tertentu merupakan tujuan dari ....
A.   sampling waktu
B.   sampling peristiwa
C.   catatan anekdotal
D.   ceklis

60.   Salah satu manfaat dari wawancara adalah ....
A.   pengertian yang mendalam tentang arti- makna pengalaman anak didik
B.   guru lebih menguasai anak didik
C.   anak didik lebih leluasa mengungkapkan perasaan
D.   anak harus menjawab benar atau salah

1 comment: