TUGAS MANDIRI
Profesi Keguruan
(PGSM3904)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI 47, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Profesi pada hakikatnya adalah janji terbuka,
bahwa seseorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan. Pendapat tersebut
dikemukakan oleh
A. Sikun Pribadi.
B. Oemar Hamalik.
C. Oteng Sutisna.
D. Rifai.
2. Pekerjaan yang memerlukan pengetahuan dan
keterampilan yang berkualifikasi tinggi dalam mengabdi untuk kepentingan umum
merupakan
A. tujuan profesi.
B. hakikat profesi.
C. karakteristik profesi.
D. langkah-langkah dalam melaksanakan profesi.
3. Ciri-ciri profesi pendidikan menurut NEA
adalah sebagai berikut, kecuali
A. didasarkan atas sejumlah pengetahuan yang
dikhususkan.
B. selalu meningkatkan para anggotanya.
C. melayani kebutuhan para anggotanya dan
memiliki norma-norma etis.
D. terikat oleh jabatan yang harus dipenuhi.
4. Seorang profesional “teori” merupakan
A. alat atau pedoman kerja secara profesional.
B. aplikasi dari praktik profesi.
C. tanggung jawab sebagai seorang profesional.
D. aturan kerja seorang profesional.
5. Yang dimaksud dengan kode etik guru regulatif
adalah
A. kesepakatan yang diperkuat oleh kesepakatan
hukum.
B. anggota yang aktif yang mengatur
syarat-syarat memasuki profesi.
C. karakteristik dari semua pekerjaan, baik yang
nonprofesi maupun yang telah mencapai status profesional.
D. pembatasan-pembatasan dalam peratur-an
organisasi profesi
6. Seorang profesi dalam melaksanakan tugas-nya
diharapkan
A. mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan
keahliannya.
B. diakui kemampuannya oleh masyarakat.
C. mampu memisahkan kepentingan sendiri.
D. mandiri dan otonom.
7. Yang termasuk dalam unsur-unsur kebudaya-an
profesi adalah sebagai berikut, kecuali
A. nilai dan norma.
B. simbol-simbol.
C. konsep-konsep karier.
D. pengembangan karier.
8. Fungsi dari norma-norma kelompok profesional
adalah sebagai
A. kontrol bagi anggota profesional.
B. pedoman tingkah laku dalam situasi sosial.
C. kebijakan yang harus ditaati oleh seorang
profesional.
D. pertimbangan-pertimbangan nilai dalam membuat
suatu keputusan.
9. Simbol-simbol suatu profesi adalah sebagai
berikut, kecuali
A. susunan organisasi.
B. lencana/lambang.
C. pakaian.
D. sejarah dan pahlawan.
10. Seorang guru ingin memajukan anak didiknya, hal ini merupakan
A. tujuan pendidikan.
B. kewajiban seorang pendidik.
C. kepuasan pribadi guru.
D. ciri-ciri pekerjaan profesional.
11. Penguasaan teknis dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang
belum tentu merupa-kan keberhasilan profesionalnya, maka ia harus
A. mampu menjaga sikapnya dalam bergaul.
B. mengenal lebih jauh tentang kebutuhan profesinya.
C. menjaga kompetensi yang dimilikinya.
D. menghargai imbalan dan jasanya yang diterima.
12. Konsep pendidikan nasional muncul ber-samaan dengan lahirnya
Perguruan Taman Siswa yang dipelajari oleh
A. K.H. Ahmad Dahlan.
B. Ki Hajar Dewantara.
C. Cipto Mangunkusumo.
D. Dewi Sartika.
13. Berkembangnya cita-cita pendidikan nasional merupakan reaksi
terhadap
A. pemerintahan kolonial.
B. tekanan yang bertubi-tubi yang dialami masyarakat.
C. kemiskinan dan keterbelakangan bangsa Indonesia.
D. tidak menguntungkannya pendidikan kolonial bagi bangsa Indonesia.
14. Pengembangan kualitas kemampuan manusia merupakan
A. tujuan pendidikan.
B. filsafat pendidikan.
C. peranan sentral Pendidikan.
D. prioritas dalam pembangunan Bangsa.
15. Sistem pendidikan nasional Indonesia meng-gunakan Pancasila
sebagai
A. dasar idiilnya.
B. tujuannya.
C. asas tunggalnya.
D. filsafatnya.
16. “Ing Madya Mangun Karso” berarti
A. memberi contoh atau teladan.
B. memberikan motivasi.
C. memberikan dorongan.
D. memberikan teguran.
17. Yang dimaksud dengan kode Etik adalah
A. kumpulan peraturan atau norma.
B. kumpulan persyaratan.
C. kemampuan memberikan pelayanan.
D. kepribadian yang mantap yang harus dimiliki.
18. “Bimbingan adalah proses bantuan terhadap individu untuk mencapai
pemahaman diri dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian
diri secara maksimum” hal itu dikemukakan oleh
A. Crow dan Crow.
B. Miller.
C. Stoops dan Walquist.
D. Arthur J. Jones.
19. Rogers (1942) memberikan pengertian konseling sebagai berikut
A. suatu timbal balik antara dua orang individu antara konselor dan
klien.
B. suatu proses hubungan seseorang di mana yang seorang perlu bantuan
untuk dapat memahami dirinya.
C. serangkaian hubungan langsung dengan individu dengan tujuan
memberikan bantuan dalam mengubah sikap dan tingkah lakunya.
D. adanya pertalian individu yang memiliki pengetahuan dalam
menangani permasalahan.
20. Program orientasi yang berfungsi sebagai pencegahan adalah
A. membantu siswa untuk memperoleh pemahaman diri dan lingkungannya.
B. membantu guru dalam pengumpulan data tentang pemahaman terhadap
dirinya.
C. memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengenal sekolahnya
sebagai lingkungan yang baru.
D. membantu siswa dalam pemahaman untuk mengambil suatu keputusan
secara tepat.
21. Fungsi penyesuaian dalam bimbingan adalah
A. memberikan teknik-teknik pendekatan kepada kelompok lain.
B. mengarahkan pencapaian tujuan yang ingin dicapai.
C. membantu tercapainya penyesuaian antara siswa dan lingkungan.
D. memberikan informasi tentang lingkungan sekitar.
22. Berikut ini adalah prinsip-prinsip umum dalam penyelenggaraan
bimbingan dan penyuluhan di sekolah, kecuali
A. bimbingan berhubungan dengan sikap dan tingkah laku individu, maka
perlu diingat bahwa sikap dan tingkah laku individu terbentuk dari segala aspek
yang unik.
B. memberikan bimbingan yang tepat, sesuai dengan apa yang dibutuhkan
individu, maka perlu dikenal dan dipahami perbedaan antara individu.
C. bimbingan hendaknya dipilih atas dasar kualifikasi kepribadian,
pendidikan, pengalaman, dan kemampuan.
D. bimbingan dimulai dengan mengidentifi-kasi kebutuhan-kebutuhan
yang dirasakan oleh individu yang dibimbing.
23. Seorang konselor bersedia menerima saran-saran dari luar teramsuk
dalam asas
A. kesukarelaan.
B. keterbukaan.
C. kerahasiaan.
D. kekinian.
24. Berikut ini peran guru dilihat dari segi dirinya sendiri berperan,
kecuali
A. petugas sosial.
B. penegak disiplin.
C. pencari teladan.
D. pelajar dan ilmuwan.
25. Dilihat dari peranannya sebagai pembina kesehatan mental siswa,
guru dipandang sebagai
A. mental hygiene worker.
B. catalytic agent.
C. artist in human relation.
D. ahli psikologi pendidikan.
26. Guru sebagai penyuluh, artinya ia bertugas sebagai
A. konselor.
B. pendidik.
C. pengawas.
D. penilik.
27. Sebagai konselor, guru mempunyai wewenang untuk memberikan tes
yang berkaitan dengan
A. mata pelajaran.
B. bakat dan minat.
C. psikologi.
D. disiplin.
28. Pengawas atau penilik sekolah dapat dipandang sebagai konsultan
bagi
A. kepala sekolah dan murid.
B. kepala tata usaha dan guru.
C. kepala sekolah dan guru.
D. guru dan murid.
29. Konselor yang akan merencanakan dan mengadministrasikan program BK
harus memperhatikan
A. situasi dan kondisi sekolah.
B. kecepatan waktu yang digunakan.
C. individu siswa yang ada di sekolah.
D. kepentingan sekolah.
30. Yang dimaksud dengan organisasi adalah
A. kumpulan manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih yang
bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B. sekumpulan orang yang mempunyai jabatan yang sama untuk mencapai
tujuan.
C. sekumpulan orang yang melaksanakan kebijakan organisasi.
D. kumpulan, atau kerumunan orang sepanjang jalan.
31. Organisasi formal memiliki ciri sebagai berikut
A. sistem yang terdiri dari orang-orang yang manajemennya berperan
sebagai penggerak.
B. organisasi yang dibentuk berdasarkan hierarki, tidak ada
kewenangan.
C. tujuan dinyatakan secara tertulis berdasarkan peraturan yang
berlaku.
D. organisasi yang dibentuk karena adanya suatu keperluan yang
mendesak.
32. Contoh organisasi formal adalah
A. sekumpulan para sahabat untuk mengisi waktu senggang.
B. arisan ibu-ibu.
C. organisasi politik dan massa.
D. kumpulan alumnus.
33. Berikut ini adalah batasan administrasi menurut Ditjen Dikti
A. administrasi merupakan usaha untuk mencapai tujuan organisasi
dengan memaksimalkan sumbangan anggota dalam suatu usaha yang dilaksanakan
melalui kerja sama.
B. administrasi adalah usaha meningkatkan efektivitas kegiatan
anggota organisasi melalui koordinasi.
C. administrasi adalah usaha mengoptimal-kan kerja anggota organisasi
melalui komunikasi.
D. administrasi adalah usaha meningkatkan produktivitas anggota
organisasi.
34. Menilai semua kegiatan pendidikan yang akan, sedang atau sudah
dilaksanakan sebagai umpan balik merupakan salah satu ciri organisasi
pendidikan yang disebut
A. purpose behavior.
B. transformation.
C. control mechanism.
D. wholism.
35. Hubungan yang menunjukkan penugasan dalam kegiatan yang berlainan
untuk suatu pekerjaan disebut hubungan
A. staf.
B. garis.
C. konsultatif.
D. campuran.
36.

Bagan di atas menunjukkan hubungan
A. staf.
B. garis.
C. koordinatif.
D. campuran.
37. Organisasi pendidikan makro adalah organisasi yang
A. jumlah unit kerja dan kegiatannya sedikit.
B. mempunyai unit kerja yang besar dan luas.
C. cara kerjanya konsultatif.
D. mempunyai wewenang kepada unsur yang ada di bawahnya.
38. Pola
organisasi pendidikan yang menekan-kan kepada proses atau prosedur kerja secara
runtut dan sistematis disebut pola
A. vertikal.
B. makro.
C. sekuensial.
D. mikro.
39. Administrasi pengajaran pada dasarnya menitikberatkan pada
kegiatan
A. program pendidikan akademis.
B. koordinasi dalam penyusunan persiapan mengajar.
C. kelancaran pembinaan situasi belajar-mengajar.
D. penyelenggaraan evaluasi hasil belajar.
40. Berikut ini adalah kegiatan yang berkaitan dengan tugas guru
A. membuat program pendidikan secara umum.
B. pembagian tugas mengajar.
C. pembagian tanggung jawab dalam membina ekstrakurikuler.
D. koordinasi penyusunan persiapan mengajar.
41. Yang termasuk dalam personel sekolah adalah
A. guru dan siswa.
B. kepala sekolah dan guru.
C. kepala sekolah, guru, tata usaha, penjaga sekolah.
D. kepala sekolah, guru, tata usaha, penjaga sekolah dan siswa.
42. Kegunaan buku ekspedisi untuk
A. mengetahui hasil rapat dewan guru.
B. membuktikan surat yang dikirim sudah sampai.
C. menyampaikan pengumuman yang ditujukan kepada guru.
D. mengetahui keluar masuknya surat-surat.
43. Informasi dari kepala sekolah yang harus disampaikan kepada
guru-guru dimasukkan ke dalam buku
A. ekspedisi.
B. catatan rapat.
C. pengumuman.
D. daftar hadir.
44. Pemeliharaan gedung sekolah dan prasarana pendidikan merupakan
tanggung jawab
A. guru dan kepala sekolah.
B. kepala sekolah.
C. penjaga sekolah.
D. guru dan siswa.
45. Berikut ini adalah sarana pendidikan yang difungsikan dalam proses
pembelajaran, kecuali
A. alat peraga.
B. alat pelajaran.
C. media pengajaran.
D. lingkungan sekitar.
46. Berikut ini adalah tugas khusus dan tanggung jawab kepala sekolah,
kecuali
A. merencanakan kebutuhan keluarga para personel sekolah.
B. merencanakan kebutuhan, pengadaan, dan pengangkatan calon guru.
C. melaksanakan pembinaan pegawai atau guru.
D. pemindahan, pemberhentian, pemensiun-an, cuti pegawai.
47. Tugas wakil kepala sekolah adalah
A. menyalurkan pekerjaan.
B. merencanakan dan menyelenggarakan ketatausahaan urusan pegawai.
C. mengerjakan kegiatan administrasi.
D. memberi izin bagi yang ingin cuti.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 48
SAMPAI 60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
48. Nilai-nilai transformasi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat
Indonesia adalah nilai
1) keindahan
2) kebaikan
3) kesucian
49. Guru yang profesional harus mengetahui
1) apa yang diajarkannya
2) bagaimana mengajarkannya
3) siapa yang diberi pelajaran
50. Peranan guru dalam hubungannya dengan nilai-nilai yang ada dalam
masyarakat
1) melestarikan kebudayaan
2) mengembangkan kebudayaan
3) mengadopsi kebudayaan dari luar
51. Tujuan sementara dalam bimbingan adalah supaya orang dapat
1) bersikap dalam situasi hidupnya
2) bertindak sendiri sesuai dengan hidupnya
3) mengantisipasi kehidupan dirinya
52. Jenis-jenis masalah individu dapat dilihat dari
1) individu yang mengalaminya
2) masalah itu terjadi
3) pengaruh dari masalahnya
53. Masalah yang biasa dihadapi oleh siswa adalah masalah
1) pengajaran atau belajar
2) pendidikan
3) pekerjaan dan penggunaan waktu luang
54. Kegiatan bimbingan dan penyuluhan serta penyaluran diberikan dalam
bantuan
1) memperoleh jurusan yang tepat
2) menyusun program belajar
3) pengembangan bakat dan minat
55. Sehubungan dengan kegiatan pengajaran dan administrasi, seorang
guru dapat berperan sebagai
1) pengambil inisiatif
2) orang yang ahli dalam mata pelajaran
3) penegak disiplin
56. Peranan guru secara psikologis dipandang sebagai
1) ahli psikologi pendidikan
2) pembentuk kelompok
3) seniman dalam hubungan antarmanusia
57. Sebagai pembimbing, guru bertugas
1) mengumpulkan data tentang murid
2) membuat catatan-catatan pribadi murid dan menyimpannya
3) menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individual
58. Sebagai konselor, seorang guru harus memiliki sifat-sifat berikut
1) bijaksana dan ramah
2) menghargai orang lain
3) berkepribadian baik
59. Gagasan penting yang dikemukakan Schein tentang pertanda
organisasi adalah
1) koordinasi
2) pencapaian tujuan
3) pembagian kerja
60. Tugas guru sebagai administrator meliputi
1) menguasai program pengajaran dan program kegiatan mengajar
2) menyusun satuan pelajaran dan pembagian waktu
3) melaksanakan tata usaha kelas
Terima kasih lagi atas soalnya..
ReplyDelete