Cloud Hosting Indonesia

21 May, 2014

Soal Curriculum & Material Development



TUGAS MANDIRI
CURRICULUM & MATERIAL DEVELOPMENT
(PRIS4272)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 36,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Pada dasarnya pengertian kurikulum menca-kup ....     
A.   isi dan bahan prosedur proses pembe-lajaran
B.   isi dan cara kegiatan pelaksanaan proses pembelajaran
C.   cara bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan
D.   isi, bahan pelajaran dan proses kegiatan pembelajaran

2.   Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional ....     
A.   terlepas dari jenis dan jenjang pendidikan
B.   untuk semua jenis dan jenjang pendidikan yang sama
C.   sesuai dengan jenis dan jenjang pen-didikannya
D.   untuk semua jenis dan jenjang pendidikan yang berbeda
     
3.   Sumber acuan penyusunan program evaluasi pelajaran bahasa Inggris adalah ....
A.   silabus SMU
B.   kurikulum SMU
C.   silabus bahasa Inggris SMU
D.   kurikulum bahasa Inggris SMU

4.   Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A.   kurikulum sama dengan silabus
B.   kurikulum berbeda dengan silabus
C.   silabus merupakan bagian dari kurikulum
D.   kurikulum dan silabus mempunyai makna yang sama

5.   Pembelajaran bahasa Inggris yang bersumber pada tema, pada dasarnya menganut sistem ....
A.   vertical
B.   integrated
C.   correlated subject
D.   subject mater centered

6.   Keterampilan membaca dianggap sebagai hal penting untuk mempelajari bidang-bidang il-mu lain maka dari itu keterampilan membaca perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Hal ini merupakan implementasi penentuan efek-tivitas organisasi secara ....
A.   berurutan
B.   berkelanjutan
C.   terpadu
D.   komprehensif

7.   Untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan, perlu dilakukan evaluasi terhadap ....
A.   hasil kurikulum
B.   proses kurikulum
C.   kemampuan guru
D.   program pembelajaran

8.   Pengembangan kurikulum model pengem-bangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa setempat merupakan ....
A.   sequential
B.   dynamic
C.   sequential with feedback
D.   interactive people-centered

9.   Pengembangan kurikulum menjadi kurikulum inti dan kurikulum muatan lokal merupakan implementasi dari prinsip pengembangan se-cara ....
A.   relevan
B.   efisien
C.   efektif
D.   fleksibel

10.   Perubahan kurikulum itu merupakan ....
A.   tahapan perencanaan program pendi-dikan
B.   akibat dari ketidak-berhasilan perencana-an pembelajaran
C.   perluasan kontekstual dari perubahan masyarakat
D.   proses penyempurnaan kurikulum yang sedang berjalan

11.   Salah satu tujuan perubahan kurikulum ada-lah suatu usaha agar ....
A.   pelayanan pendidikan lebih merata
B.   tidak ketinggalan perkembangan zaman
C.   sesuai dengan perkembangan teknologi pendidikan
D.   mempermudah guru dalam mengimple-mentasikan di lapangan

12.   Pak Hasan mengajar bahasa Inggris dengan memfokuskan pembelajaran tentang verbs, adverbs, conjuctions, pronouns dan lain-lain. Pengajaran yang dilakukan Pak Hasan mengacu pada jenis silabus ....
A.   formal syllabus
B.   functional syllabus
C.   a skill-based syllabus
D.   a situational syllabus

13.   Kurikulum bahasa Inggris SMA tahun 1975 dapat digolongkan pada jenis silabus ....
A.   berdasarkan isi
B.   berdasarkan tugas
C.   formal
D.   situasional

14.   Dasar penyusunan silabus yang berbasis keterampilan adalah ....
A.   penguasaan keterampilan berkomunikasi
B.   penguasaan keterampilan berbahasa
C.   keterampilan menggunakan pola-pola ka-limat
D.   keterampilan menggunakan bahasa target pada bidang lain

15.   Berdasarkan sejarah perkembangan kuriku-lum, pergantian kurikulum SMU telah menga-lami perubahan ... kali.
A.   4
B.   5
C.   6
D.   7

16.   Bagi siswa SMU yang tidak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa tersebut hendak-nya memilih program ....
A.   umum
B.   khusus
C.   khusus bahasa
D.   umum dan program khusus bahasa

17.   Program perbaikan pada kurikulum SMU ta-hun 1994 dilakukan ....
A.   setelah tes sumatif selesai dalam bentuk tes perbaikan
B.   di luar jam pembelajaran efektif dengan waktu terjadwal
C.   di dalam jam pelajaran sebelum melan-jutkan pada materi berikutnya
D.   pemberian tugas-tugas tambahan sebagai untuk keperluan perbaikan nilai

18.   Kegiatan penilaian yang terintegrasi dalam pembelajaran disebut ....
A.   tes formatif
B.   ulangan harian
C.   tes hasil belajar
D.   penilaian kemajuan belajar

19.   Upaya pengembangan kurikulum bahasa Inggris, antara lain dilakukan dengan ....
A.   penambahan jumlah jam pelajaran
B.   perubahan sistem pembelajarannya
C.   perubahan tujuan pembelajarannya
D.   perubahan kurikulum pengajaran

20.   Kurikulum bahasa Inggris 1994 menerapkan pengajaran bahasa Inggris yang memfokus-kan pada ....
A.   kemampuan membaca
B.   struktur bahasa
C.   keterampilan berbahasa lisan
D.   kemampuan berkomunikasi

21.   Pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan sistem drill secara bawah sadar dimulai pada kurikulum bahasa Inggris ....
A.   gaya baru
B.   gaya baru yang disempurnakan
C.   kurikulum 1975
D.   kurikulum 1984

22.   Dalam kurikulum 1994 seorang siswa SMU dianggap telah mencapai tujuan apabila siswa tersebut mencapai nilai ....
A.   < 65
B.   > 65
C.   £ 65
D.   ³ 65

23.   Tujuan pengajaran bahasa Inggris pada kuri-kulum SMU 1994 adalah agar siswa memiliki keterampilan berbahasa yang didukung oleh kosakata dan struktur bahasa yang menekan-kan pada ....
A.   keterampilan membaca
B.   keterampilan berbicara
C.   keterampilan berkomunikasi
D.   kebermaknaan fungsi bahasa

24.   Yang termasuk silabus gabungan antara notional-functional dan situational adalah GBPP bahasa Inggris kurikulum ....
A.   1975
B.   1984
C.   1994
D.   1984 dan 1994
25.   Perbedaan yang mendasar antara pende-katan komunikatif dan structural dalam pem-belajaran bahasa Inggris adalah ....
A.   penekanan pada makna bahasa
B.   penggunaan latihan struktur bahasa
C.   latihan struktur bahasa secara alamiah
D.   latihan penerapan pola-pola bahasa

26.   Pengertian tema dalam GBPP bahasa Inggris 1994 adalah ruang lingkup bahasa yang me-muat ....
A.   keterampilan berbahasa
B.   keterampilan functional
C.   ungkapan komunikatif
D.   ungkapan situasional

27.   Unsur bahasa dalam GBPP bahasa Inggris 1994 sebaiknya  ....
A.   diajarkan secara terpisah dari ungkapan komunikatif
B.   diajarkan secara terpadu dalam ungkapan komunikatif
C.   diajarkan sesuai dengan kebutuhan ung-kapan komunikatif
D.   tidak perlu diajarkan karena bukan tujuan komunikatif

28.   Pada dasarnya dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris guru menerapkan pendekatan sistem, karena ....
A.   merupakan bagian dari desain instruk-sional
B.   mengandung komponen-komponen yang terpisah
C.   pembelajaran merupakan suatu sistem
D.   pembelajaran merupakan bagian dari tek-nologi pendidikan

29.   Bagi guru desain instruksional merupakan ....
A.   langkah-langkah siswa dalam mencapai tujuan
B.   materi pembelajaran yang terkait dengan tujuan
C.   kebutuhan belajar yang harus dicapai
D.   alat pembelajaran untuk mengarahkan kegiatan belajar

30.   Salah satu perbedaan komponen sistem in-struksional menurut Kemp dan menurut Dick adalah ....
A.   jenis evaluasi
B.   jenis tujuan pembelajaran
C.   pengelolaan materi
D.   strategi pembelajaran

31.   Untuk mempermudah menentukan tema/sub tema yang akan dimasukkan dalam materi pembelajaran, guru membuat ....
A.   AMP
B.   satuan pelajaran
C.   program Cawu
D.   perencanaan pembelajaran

32.   Materi pembelajaran berikut yang dapat dibuat AMP dengan pendekatan hierarkis adalah ....
A.   kalimat langsung
B.   kalimat perintah
C.   membaca pemahaman
D.   tema lingkungan hidup

33.   Jumlah waktu yang disediakan untuk setiap tema/ subtema harus mempertimbangkan ....
A.   jenis
B.   luas
C.   tingkat kesulitan
D.   bobot dan cakupan

34.   Dalam program persiapan mengajar, prosedur penyusunan program cawu dapat dianggap ....
A.   lebih mudah dari program tahunan
B.   lebih rumit dari program tahunan
C.   sama saja dengan program satuan pela-jaran
D.   lebih rumit dari program satuan pelajaran

35.   Dalam menyusun program catur wulan guru harus mempertimbangkan ....
A.   adanya sinkronisasi dengan program ta-hunan
B.   mengacu pada program satuan pelajaran
C.   mengacu pada kalender kegiatan pembe-lajaran
D.   unsur fleksibelitas pembagian waktu

36.   Penyusunan program satuan pembelajaran merupakan salah satu kegiatan guru yang berkaitan dengan kegiatan ....
A.   institusional
B.   ekstra kurikuler
C.   kurikuler
D.   instruksional


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 37  SAMPAI  41,  PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

37.   Pengalaman belajar reading sekaligus dapat memberikan pengembangan kemampuan menulis dan pengembangan penguasaan vocabulary,
sebab                       
untuk mengembangkan keterampilan mem-baca (reading), guru dapat memadukan dengan keterampilan yang lainnya sehingga dapat mencapai lebih dari satu tujuan.

38.   Tujuan pendidikan SMU adalah untuk men-cerdaskan kehidupan bangsa dan mengem-bangkan manusia Indonesia seutuhnya,
sebab                       
pendidikan pada jenjang SMU adalah untuk mempersiapkan siswanya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

39.   Dalam pembelajaran kosakata, guru dapat menambahkan kosakata dari tema lain mau-pun sumber lain yang relevan,
sebab                       
pembelajaran kosakata tidak terikat oleh tema yang terkait.

40.   Komponen-komponen dalam proses pembe-lajaran bahasa Inggris membentuk suatu sis-tem pembelajaran,
sebab                       
sistem pembelajaran terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diten-tukan.

41.   Tugas guru yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran adalah menganalisis tujuan-tujuan yang sudah ada dalam GBPP,
sebab                       
tujuan pengajaran, dan tujuan keterampilan berbahasa yang sudah ada dalam GBPP masih perlu dikembangkan oleh guru dan kemudian diurutkan sesuai dengan langkah -langkah kegiatan pembelajaran.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 42 SAMPAI  60,  PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
42.   Kegiatan penunjang dalam mempelajari suatu mata pelajaran menurut kurikulum tradisional ....
1)   dianggap sebagai kurikulum penyerta
2)   dimasukkan dalam kurikulum
3)   dipisahkan dari kurikulum

43.   Yang termasuk dalam komponen kurikulum adalah ....
1)   tujuan
2)   materi
3)   metode dan evaluasi

44.   Pertimbangan kebutuhan, minat dan kemam-puan siswa perlu diperhatikan guru dalam menentukan ....
1)   tujuan pembelajaran
2)   pengalaman belajar
3)   tujuan dan metode pembelajaran

45.   Prinsip relevansi dalam pengembangan kuri-kulum diwujudkan dalam bentuk ....
1)   pemenuhan kebutuhan masyarakat
2)   pemenuhan kebutuhan masa depan
3)   penyesuaian dengan kebutuhan masya-rakat setempat

46.   Perbedaan antara kurikulum SMA tahun 1975 dengan kurikulum SMA tahun 1984 terletak pada ....
1)   orientasinya
2)   programnya
3)   sistem penilaiannya

47.   Persamaan antara kurikulum SMU tahun 1984 dan kurikulum SMU tahun 1994 adalah pada segi ....
1)   tujuannya
2)   komponennya
3)   pendekatan pembelajarannya

48.   Program pengayaan dan perbaikan dilaksa-nakan pada kurikulum SMU tahun ....
1)   1975
2)   1984
3)   1994

49.   Kegiatan tanya jawab, pemberian latihan dan tugas-tugas termasuk penilaian ....
1)   proses belajar
2)   kemajuan belajar
3)   hasil belajar
50.   Perbedaan antara kurikulum bahasa Inggris dalam kurikulum gaya baru dengan kurikulum bahasa Inggris dalam kurikulum gaya baru yang disempurnakan adalah pada ....
1)   tujuan pokok
2)   proporsi jumlah jam pelajaran
3)   pengelompokkan mata pelajaran

51.   Pada kurikulum bahasa Inggris 1984 dikenal sistem evaluasi deskrit artinya pengukuran ....
1)   unsur bahasa secara terpisah-pisah
2)   unsur bahasa secara terpadu
3)   bahasa yang menekankan pada struktur

52.   Sistem evaluasi integrated lebih tepat untuk mengevaluasi hasil belajar dari proses pem-belajaran yang menekankan pada unsur ....
1)   bahasa menyatu
2)   bahasa secara terpadu
3)   kebermaknaan

53.   Ciri-ciri pendekatan kebermaknaan dalam kurikulum bahasa Inggris SMU 1994 antara lain ....
1)   kegiatan komunikasi yang disajikan se-suai dengan kebutuhan siswa
2)   materi instruksional berperan menunjang komunikasi siswa secara aktif
3)   peran guru adalah sebagai fasilitator dan motivator perkembangan individu siswa

54.   Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru bahasa Inggris dalam menentukan bahan pelajaran untuk keterampilan fungsional ada-lah ....
1)   menyesuaikan keterampilan fungsional dengan tema
2)   menyajikan fungsi yang sama dengan ungkapan yang berbeda
3)   menyajikan ungkapan yang sama meng-gunakan fungsi yang berbeda

55.   Suatu rancangan pembelajaran yang diper-siapkan oleh guru dituangkan dalam ....
1)   instructional design
2)   teacher’s note
3)   teaching plan

56.   Suatu usaha guru untuk mengidentifikasi komponen-komponen pembelajaran dan ke-terkaitan diantara komponen-komponen terse-but untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dilakukan ketika guru ....
1)   melaksanakan proses pembelajaran
2)   merencanakan proses pembelajaran
3)   mempelajari sistem pembelajaran

57.   Seorang guru perlu membuat persiapan mengajar agar ....
1)   pembelajaran lebih terarah
2)   memudahkan siswa belajar
3)   langkah-langkah kegiatan pembelajaran dapat dikendalikan

58.   Dalam membuat persiapan mengajar guru perlu ....
1)   materi pembelajaran
2)   menuliskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
3)   membuat alat penilaian

59.   Penentuan anak tema dapat dilakukan de-ngan cara ....
1)   mengambil dari GBPP
2)   mengambil dari luar sesuai dengan tema dan kondisi setempat
3)   membuat tema kemudian ditentukan anak temanya dari guru



60.   Komponen tema, dan anak tema dimasukkan dalam ....
1)   AMP
2)   prota
3)   proca

2 comments: