TUGAS MANDIRI
CURRICULUM & MATERIAL DEVELOPMENT
(PRIS4272)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 36, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Pada dasarnya pengertian kurikulum menca-kup
....
A. isi dan bahan prosedur proses pembe-lajaran
B. isi dan cara kegiatan pelaksanaan proses
pembelajaran
C. cara bagaimana proses pembelajaran
dilaksanakan
D. isi, bahan pelajaran dan proses kegiatan
pembelajaran
2. Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan
pendidikan nasional ....
A. terlepas dari jenis dan jenjang pendidikan
B. untuk semua jenis dan jenjang pendidikan yang
sama
C. sesuai dengan jenis dan jenjang
pen-didikannya
D. untuk semua jenis dan jenjang pendidikan yang
berbeda
3. Sumber acuan penyusunan program evaluasi
pelajaran bahasa Inggris adalah ....
A. silabus SMU
B. kurikulum SMU
C. silabus bahasa Inggris SMU
D. kurikulum bahasa Inggris SMU
4. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A. kurikulum sama dengan silabus
B. kurikulum berbeda dengan silabus
C. silabus merupakan bagian dari kurikulum
D. kurikulum dan silabus mempunyai makna yang
sama
5. Pembelajaran bahasa Inggris yang bersumber
pada tema, pada dasarnya menganut sistem ....
A. vertical
B. integrated
C. correlated subject
D. subject mater centered
6. Keterampilan membaca dianggap sebagai hal
penting untuk mempelajari bidang-bidang il-mu lain maka dari itu keterampilan
membaca perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Hal ini merupakan implementasi
penentuan efek-tivitas organisasi secara ....
A. berurutan
B. berkelanjutan
C. terpadu
D. komprehensif
7. Untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam
mencapai tujuan, perlu dilakukan evaluasi terhadap ....
A. hasil kurikulum
B. proses kurikulum
C. kemampuan guru
D. program pembelajaran
8. Pengembangan kurikulum model pengem-bangan
kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa setempat merupakan ....
A. sequential
B. dynamic
C. sequential with feedback
D. interactive people-centered
9. Pengembangan kurikulum menjadi kurikulum inti
dan kurikulum muatan lokal merupakan implementasi dari prinsip pengembangan
se-cara ....
A. relevan
B. efisien
C. efektif
D. fleksibel
10. Perubahan
kurikulum itu merupakan ....
A. tahapan perencanaan program pendi-dikan
B. akibat dari ketidak-berhasilan perencana-an pembelajaran
C. perluasan kontekstual dari perubahan masyarakat
D. proses penyempurnaan kurikulum yang sedang berjalan
11. Salah satu tujuan perubahan kurikulum ada-lah suatu usaha agar
....
A. pelayanan pendidikan lebih merata
B. tidak ketinggalan perkembangan zaman
C. sesuai dengan perkembangan teknologi pendidikan
D. mempermudah guru dalam mengimple-mentasikan di lapangan
12. Pak Hasan mengajar bahasa Inggris dengan memfokuskan pembelajaran
tentang verbs, adverbs, conjuctions, pronouns dan lain-lain. Pengajaran yang
dilakukan Pak Hasan mengacu pada jenis silabus ....
A. formal syllabus
B. functional syllabus
C. a skill-based syllabus
D. a situational syllabus
13. Kurikulum bahasa Inggris SMA tahun 1975 dapat digolongkan pada
jenis silabus ....
A. berdasarkan isi
B. berdasarkan tugas
C. formal
D. situasional
14. Dasar penyusunan silabus yang berbasis keterampilan adalah ....
A. penguasaan keterampilan berkomunikasi
B. penguasaan keterampilan berbahasa
C. keterampilan menggunakan pola-pola ka-limat
D. keterampilan menggunakan bahasa target pada bidang lain
15. Berdasarkan sejarah perkembangan kuriku-lum, pergantian kurikulum
SMU telah menga-lami perubahan ... kali.
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
16. Bagi siswa SMU yang tidak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi,
siswa tersebut hendak-nya memilih program ....
A. umum
B. khusus
C. khusus bahasa
D. umum dan program khusus bahasa
17. Program perbaikan pada kurikulum SMU ta-hun 1994 dilakukan ....
A. setelah tes sumatif selesai dalam bentuk tes perbaikan
B. di luar jam pembelajaran efektif dengan waktu terjadwal
C. di dalam jam pelajaran sebelum melan-jutkan pada materi berikutnya
D. pemberian tugas-tugas tambahan sebagai untuk keperluan perbaikan
nilai
18. Kegiatan penilaian yang terintegrasi dalam pembelajaran disebut
....
A. tes formatif
B. ulangan harian
C. tes hasil belajar
D. penilaian kemajuan belajar
19. Upaya pengembangan kurikulum bahasa Inggris, antara lain dilakukan
dengan ....
A. penambahan jumlah jam pelajaran
B. perubahan sistem pembelajarannya
C. perubahan tujuan pembelajarannya
D. perubahan kurikulum pengajaran
20. Kurikulum bahasa Inggris 1994 menerapkan pengajaran bahasa Inggris
yang memfokus-kan pada ....
A. kemampuan membaca
B. struktur bahasa
C. keterampilan berbahasa lisan
D. kemampuan berkomunikasi
21. Pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan sistem
drill secara bawah sadar dimulai pada kurikulum bahasa Inggris ....
A. gaya baru
B. gaya baru yang disempurnakan
C. kurikulum 1975
D. kurikulum 1984
22. Dalam kurikulum 1994 seorang siswa SMU dianggap telah mencapai
tujuan apabila siswa tersebut mencapai nilai ....
A. < 65
B. > 65
C. £ 65
D. ³ 65
23. Tujuan pengajaran bahasa Inggris pada kuri-kulum SMU 1994 adalah
agar siswa memiliki keterampilan berbahasa yang didukung oleh kosakata dan
struktur bahasa yang menekan-kan pada ....
A. keterampilan membaca
B. keterampilan berbicara
C. keterampilan berkomunikasi
D. kebermaknaan fungsi bahasa
24. Yang termasuk silabus gabungan antara notional-functional dan
situational adalah GBPP bahasa Inggris kurikulum ....
A. 1975
B. 1984
C. 1994
D. 1984 dan 1994
25. Perbedaan yang mendasar antara pende-katan komunikatif dan
structural dalam pem-belajaran bahasa Inggris adalah ....
A. penekanan pada makna bahasa
B. penggunaan latihan struktur bahasa
C. latihan struktur bahasa secara alamiah
D. latihan penerapan pola-pola bahasa
26. Pengertian tema dalam GBPP bahasa Inggris 1994 adalah ruang
lingkup bahasa yang me-muat ....
A. keterampilan berbahasa
B. keterampilan functional
C. ungkapan komunikatif
D. ungkapan situasional
27. Unsur bahasa dalam GBPP bahasa Inggris 1994 sebaiknya ....
A. diajarkan secara terpisah dari ungkapan komunikatif
B. diajarkan secara terpadu dalam ungkapan komunikatif
C. diajarkan sesuai dengan kebutuhan ung-kapan komunikatif
D. tidak perlu diajarkan karena bukan tujuan komunikatif
28. Pada dasarnya dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran
bahasa Inggris guru menerapkan pendekatan sistem, karena ....
A. merupakan bagian dari desain instruk-sional
B. mengandung komponen-komponen yang terpisah
C. pembelajaran merupakan suatu sistem
D. pembelajaran merupakan bagian dari tek-nologi pendidikan
29. Bagi guru desain instruksional merupakan ....
A. langkah-langkah siswa dalam mencapai tujuan
B. materi pembelajaran yang terkait dengan tujuan
C. kebutuhan belajar yang harus dicapai
D. alat pembelajaran untuk mengarahkan kegiatan belajar
30. Salah satu perbedaan komponen sistem in-struksional menurut Kemp
dan menurut Dick adalah ....
A. jenis evaluasi
B. jenis tujuan pembelajaran
C. pengelolaan materi
D. strategi pembelajaran
31. Untuk mempermudah menentukan tema/sub tema yang akan dimasukkan
dalam materi pembelajaran, guru membuat ....
A. AMP
B. satuan pelajaran
C. program Cawu
D. perencanaan pembelajaran
32. Materi pembelajaran berikut yang dapat dibuat AMP dengan
pendekatan hierarkis adalah ....
A. kalimat langsung
B. kalimat perintah
C. membaca pemahaman
D. tema lingkungan hidup
33. Jumlah waktu yang disediakan untuk setiap tema/ subtema harus
mempertimbangkan ....
A. jenis
B. luas
C. tingkat kesulitan
D. bobot dan cakupan
34. Dalam program persiapan mengajar, prosedur penyusunan program cawu
dapat dianggap ....
A. lebih mudah dari program tahunan
B. lebih rumit dari program tahunan
C. sama saja dengan program satuan pela-jaran
D. lebih rumit dari program satuan pelajaran
35. Dalam menyusun program catur wulan guru harus mempertimbangkan
....
A. adanya sinkronisasi dengan program ta-hunan
B. mengacu pada program satuan pelajaran
C. mengacu pada kalender kegiatan pembe-lajaran
D. unsur fleksibelitas pembagian waktu
36. Penyusunan program satuan pembelajaran merupakan salah satu
kegiatan guru yang berkaitan dengan kegiatan ....
A. institusional
B. ekstra kurikuler
C. kurikuler
D. instruksional
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 37 SAMPAI
41, PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
37. Pengalaman belajar reading sekaligus dapat memberikan pengembangan
kemampuan menulis dan pengembangan penguasaan vocabulary,
sebab
untuk
mengembangkan keterampilan mem-baca (reading), guru dapat memadukan dengan
keterampilan yang lainnya sehingga dapat mencapai lebih dari satu tujuan.
38. Tujuan pendidikan SMU adalah untuk men-cerdaskan kehidupan bangsa
dan mengem-bangkan manusia Indonesia seutuhnya,
sebab
pendidikan
pada jenjang SMU adalah untuk mempersiapkan siswanya dapat melanjutkan ke
perguruan tinggi.
39. Dalam pembelajaran kosakata, guru dapat menambahkan kosakata dari
tema lain mau-pun sumber lain yang relevan,
sebab
pembelajaran
kosakata tidak terikat oleh tema yang terkait.
40. Komponen-komponen dalam proses pembe-lajaran bahasa Inggris
membentuk suatu sis-tem pembelajaran,
sebab
sistem
pembelajaran terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan satu sama
lain dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
diten-tukan.
41. Tugas guru yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran adalah
menganalisis tujuan-tujuan yang sudah ada dalam GBPP,
sebab
tujuan
pengajaran, dan tujuan keterampilan berbahasa yang sudah ada dalam GBPP masih
perlu dikembangkan oleh guru dan kemudian diurutkan sesuai dengan langkah
-langkah kegiatan pembelajaran.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42 SAMPAI 60,
PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Kegiatan penunjang dalam mempelajari suatu mata pelajaran menurut
kurikulum tradisional ....
1) dianggap sebagai kurikulum penyerta
2) dimasukkan dalam kurikulum
3) dipisahkan dari kurikulum
43. Yang termasuk dalam komponen kurikulum adalah ....
1) tujuan
2) materi
3) metode dan evaluasi
44. Pertimbangan kebutuhan, minat dan kemam-puan siswa perlu diperhatikan
guru dalam menentukan ....
1) tujuan pembelajaran
2) pengalaman belajar
3) tujuan dan metode pembelajaran
45. Prinsip relevansi dalam pengembangan kuri-kulum diwujudkan dalam
bentuk ....
1) pemenuhan kebutuhan masyarakat
2) pemenuhan kebutuhan masa depan
3) penyesuaian dengan kebutuhan masya-rakat setempat
46. Perbedaan antara kurikulum SMA tahun 1975 dengan kurikulum SMA
tahun 1984 terletak pada ....
1) orientasinya
2) programnya
3) sistem penilaiannya
47. Persamaan antara kurikulum SMU tahun 1984 dan kurikulum SMU tahun
1994 adalah pada segi ....
1) tujuannya
2) komponennya
3) pendekatan pembelajarannya
48. Program pengayaan dan perbaikan dilaksa-nakan pada kurikulum SMU
tahun ....
1) 1975
2) 1984
3) 1994
49. Kegiatan tanya jawab, pemberian latihan dan tugas-tugas termasuk
penilaian ....
1) proses belajar
2) kemajuan belajar
3) hasil belajar
50. Perbedaan antara kurikulum bahasa Inggris dalam kurikulum gaya
baru dengan kurikulum bahasa Inggris dalam kurikulum gaya baru yang disempurnakan
adalah pada ....
1) tujuan pokok
2) proporsi jumlah jam pelajaran
3) pengelompokkan mata pelajaran
51. Pada kurikulum bahasa Inggris 1984 dikenal sistem evaluasi deskrit artinya pengukuran ....
1) unsur bahasa secara terpisah-pisah
2) unsur bahasa secara terpadu
3) bahasa yang menekankan pada struktur
52. Sistem evaluasi integrated lebih tepat untuk mengevaluasi hasil
belajar dari proses pem-belajaran yang menekankan pada unsur ....
1) bahasa menyatu
2) bahasa secara terpadu
3) kebermaknaan
53. Ciri-ciri pendekatan kebermaknaan dalam kurikulum bahasa Inggris
SMU 1994 antara lain ....
1) kegiatan komunikasi yang disajikan se-suai dengan kebutuhan siswa
2) materi instruksional berperan menunjang komunikasi siswa secara
aktif
3) peran guru adalah sebagai fasilitator dan motivator perkembangan
individu siswa
54. Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru bahasa Inggris dalam
menentukan bahan pelajaran untuk keterampilan fungsional ada-lah ....
1) menyesuaikan keterampilan fungsional dengan tema
2) menyajikan fungsi yang sama dengan ungkapan yang berbeda
3) menyajikan ungkapan yang sama meng-gunakan fungsi yang berbeda
55. Suatu rancangan pembelajaran yang diper-siapkan oleh guru
dituangkan dalam ....
1) instructional design
2) teacher’s note
3) teaching plan
56. Suatu usaha guru untuk mengidentifikasi komponen-komponen
pembelajaran dan ke-terkaitan diantara komponen-komponen terse-but untuk
mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dilakukan ketika guru ....
1) melaksanakan proses pembelajaran
2) merencanakan proses pembelajaran
3) mempelajari sistem pembelajaran
57. Seorang guru perlu membuat persiapan mengajar agar ....
1) pembelajaran lebih terarah
2) memudahkan siswa belajar
3) langkah-langkah kegiatan pembelajaran dapat dikendalikan
58. Dalam membuat persiapan mengajar guru perlu ....
1) materi pembelajaran
2) menuliskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
3) membuat alat penilaian
59. Penentuan anak tema dapat dilakukan de-ngan cara ....
1) mengambil dari GBPP
2) mengambil dari luar sesuai dengan tema dan kondisi setempat
3) membuat tema kemudian ditentukan anak temanya dari guru
60. Komponen tema, dan anak tema dimasukkan dalam ....
1) AMP
2) prota
3) proca
Ada jawabnnya ga min
ReplyDeleteAda kunci jawabanya gk ?
ReplyDelete