TUGAS MANDIRI
DISCOURSE ANALISYS
(PRIS4430)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 42,
PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Yang termasuk cabang The Lowest Level dari Bloomfieldian adalah ....
A. morphology
B. phonology
C. syntax
D. semantic
2. Yang termasuk level kedua setelah sound
adalah ....
A. phonology
B. morphology
C. syntax
D. semantic
3. Definisi sintax adalah ....
A. a branch of linguistic where elements unity in
that field
B. the total elements are formal units.
C. a field where meaning has taken into part
D. the element unified in the meaning
4. Relative
clause dari kalimat berikut
adalah ....
The
man who told me this refused to give me his name.
A. The man who told me.
B. Who Told me this?
C. Who told me this refused?
D. Who told me this refused to give his name?
5. Subjek dalam kalimat merupakan ....
A. kata yang melakukan pekerjaan dari sebuah
noun atau beberapa noun
B. kumpulan kata yang melakukan kegiatan
C. kata-kata yang menjalankan tugas sebuah noun
D. kata-kata yang menjalankan seluruh kegiatan
sebuah noun
6. Yang termasuk contoh kalimat berobjek nomina
sama tapi menunjukkan fungsi ergatif yang berbeda adalah ....
A. The pen was stolen by him.
He killed the dog.
B. He told a lie.
The pen was stolen by him.
C. He killed the dog.
He told a lie.
D. The pen was stolen by him.
We saw him.
7. “Language as a system of signs” merupakan
pendapat ...
A. Ferdinand ahli dari Swiss
B. Bloomfield
C. Prof.
Allen
D. de Sanssure
8. We are apologised to the late
distribution of your order. Today we send the whole package and it will be
arrived at four this afternoon.
We are looking forward to ...
Paragraf di atas termasuk jenis (style)
surat .....
A. semi block
B. block
C. indented
D. block indented
9. Alat-alat pemadu paragraf sebagai satu
kesatuan yang utuh adalah ....
A. A new line, ends paragraph where a new
paragraph begins.
B. First letter beings a capital, a new line.
C. First letter beings a capital, a new line,
ends paragraph where a new parag-raph begins.
D. A new line, five spaces indented from the
left margin.
10. “Look
at this:
‘Look
at the flower”
Hubungan
antara kedua kalimat di atas jika dipandang dari hubungan endo-phonic dan
exophonic adalah ....
A. mempunyai referent yang sama
B. referent this sama dengan the flower
C. referent yang berbeda
D. This sama dengan the flower
Teks berikut untuk soal nomor
13 s/d 16.
Writing
is one of the language skills 1). Every-body thought it is not interesting job
to write 2). The shelves is full of books and it look heavy 3). Writing is a
very difficult skill 4).
11. Pada kalimat nomor 2, referent dari pronomina writing adalah ....
A. job
B. everybody
C. it
D. interesting
12. Kalimat yang tidak kohesif dari teks di atas adalah ....
A. Writing is one of the language skills.
B. Everybody thought it is not interesting job to write.
C. The shelves is full of books and it look heavy.
D. Writing is a very difficult skill.
13. Keempat kalimat dalam teks di atas yang tidak koheren
adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
14. Pada kalimat nomor 3, yang harus diperbaiki adalah ....
A. is ® are
; look ® looks
B. is ® be ; look ® looked
C. is ® am ; look ® to look
D. is ® was ; look ® look
15. Yang bukan ciri sebuah teks adalah ....
A. streches of language perceived to be meaningful, unified dan
purposive
B. identified for the purpose of analysis which is meaningful and
unified
C. naturally spoken, written, or signed
D. verbal record of a communicative act
16. Perbedaan antara text dan discourse adalah ....
A. text is written, spoken and a commu-nicative coherence and
discourse too
B. discourse is an offerance’s function in such a way perceive the
coherence and text is the cohesive devices, the choice of words, tone,
sentences, etc
C. text is coherence and communicative devices, however discourse is
an uttarance which is used in spoken language
D. discourse is a verbal response and text is written verbal communication
17. When you teach in class, the types of sentences, the choice of
words, the tone, coherence, cohesive, etc, means you do a ....
A. text analysis
B. discourse analysis
C. semantic
D. syntax
18. A speech act is ....
A. an utterance which meaning intention and effect
B. an utterance of its function
C. an uttrance of its function and of intention or effect
D. an utterance of its function and its meaning of form
19. Locutionary merupakan ....
A. bentuk yang digunakan sebagai utterance oleh para utterer
B. bentuk yang digunakan sebagai utterance oleh para utterer secara
proporsional
C. utterance yang bermakna dan dipahami oleh para partisipan dalam
percakapan
D. utterance yang memberi informasi proporsional antara pembicara
20. Firth menyebutkan 4 strata language components yaitu ....
A. phonology, lexical, semantic, and syntax
B. phonetics, lexical, syntax, semantic
C. phonetics, lexical, syntactic and grammatical
D. phonetics, syntax, semantic, and phonology
21. Yang termasuk 4 unsur dari “what a context or situation of
communication is” adalah ....
A. schematic construct, various levels of analysis, relevants itmens
set up in relations of elements and the determi-nation of interior relations
B. schematic construct of events in social processes various levels
of analysis, relevant items set up in relations of elements in communica-tion
C. schematic construct of events in social processes various levels
of analysis, relevant of some elements in communication and social activities
D. schematic construct in social commu-nication and some activities
in context of certain situations
22. A : What are you doing?
B : Cooking. I’m trying a new recipe.
A : What recipe?
B : Brownies.
Ranah permasalahan apa yang dimak-sudkan oleh B dalam
percakapan di atas?
A. Illotionary.
B. Perlocutionary.
C. Locutionary.
D. Communicator.
23. Tugas “theoretical lingistics” dalam peng-ajaran L1
ataupun L2 adalah ....
A. menetapkan bagaimana memilih me-tode dan teknik pengajaran L1
dan L2
B. menentukan bagaimana guru meng-gambarkan apa yang akan diajarkan
C. menetapkan bagaimana mengelola kelas yang heterogen
D. menentukan bagimana mengajar dengan menerapkan berbagai teori
mengajar
24. Tugas politis pemerintah dalam peng-ajaran L2 adalah
....
A. secara politis pemerintah merupakan agent for solution
B. secara politis pemerintah perlu menyusun rencana, dan
mengorgani-sir pelaksanaan pengajaran L2
C. pemerintah harus menetapkan seluruh materi dan kurikulum
peng-ajaran L2
D. pemerintah menentukan berbagai kebijakan dalam pengajaran L2
25. The highest unit of analysis of traditional grammar is ....
A. grammar construction
B. lexical meaning
C. sentence level
D. verbal language
26. Yang termasuk pandangan filsafat idealisme terhadap bahasa adalah
....
A. alat komunikasi yang merupakan fungsi utterances di mana konteks
situasi bermakna
B. verbal komunikasi yang bermakna dan digunakan sebagai
ungkapan-ungakapan pembicaraan dalam konteks verbal
C. merupakan organon dalam sebuah situasi di mana semantic dan
functional meaning digunakan
D. merupakan bagian dari sebuah sign yang menunjukkan tanda-tanda dan
simbol dalam bahasa non verbal
27. Menurut Bloomfieldian, the ultimate aims of L2 teaching
merupakan ....
A. pencapaian kemampuan dalam merespons secara benar dan otomatis
stimulus verbal yang diucap-kan
B. kemampuan berkomunikasi secara maksimal dengan otomatis dan benar
C. memaksimalkan secara benar pen-capaian ujaran yang otomatis
D. pencapaian berujar yang tepat dan otomatis distimulus secara alami
28. Deskripsi bahasa menurut Chomsky adalah ....
A. language as knowledge called language acquisition
B. language is a psychological entity which is induced by the human
in born capacity
C. language as knowledge exposes itself in the form of creativity
D. language is representation the trans-formation of the basic deep
structure
29. Tati bought new glasses
Who bought new glasses?
Did Tuti buy new glasses?
He didn’t buy new glasses
Perubahan kalimat di atas disebut ....
A. generative change
B. construction change
C. transformation change
D. manipulative change
30. Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan gabungan kategori
Bloomfieldian dan Chomskyan ....
A. learning is provided transformational and manipulation of
pshycolinguistic process
B. generative and transformational sen-tence manipulation and a
complete set of teaching and learning activities
C. the sequence of materials and the complete mastery of the
competence of transformational grammar
D. sentence level units are the highest most complete linguistic data
for analysis and they are sentence linguistic
31. Cara memperoleh “functional meaning” adalah ....
A. melalui interpretasi dari korelasi antara linguistics signs dan
tiga faktor
B. dengan menginterpretasikan tiga faktor utama dalam linguistics
C. melalui analisis linguistic signs dan the organon
D. melalui interpretasi linguistic signs speecs situation dan the
speech
32. Peran ultimate goal dalam L2 yang diajukan oleh Applied
Linguistic yang didasari oleh Functional Grammar adalah ....
A. L2 diberikan dalam bentuk aktivitas belajar berbagai
macam kalimat dan contoh-contoh transformational de-ngan cara ultimate good
B. ultimate good diformulasikan agar pembelajar diberikan satu set
basic sentence pattern dan contoh-contoh generative dan transformational
sen-tence
C. ultimate goal diformulasikan bagi pembelajar untuk melatih
berbagai contoh kalimat generative dan trans-formational
D. ultimate goal dibentuk untuk latihan berbagai basic sentence dan
contoh-contoh transformational grammar
33. “Would you mind passing the bowl please?”
Ujaran di atas termasuk ....
A. interrogative
B. declarative
C. greeting
D. request
34. “Here, they are”.
Discourse di atas menunjukkan speech act ....
A. seeking information
B. accepting information
C. directing information
D. asserting information
35. “Sad, happy, love, hate”.
Kata-kata di atas menurut Emmit and Pollock termasuk fungsi
bahasa ....
A. sense of our feelings
B. sense of our environment
C. different sense of human
D. different sense of people being involved in
36. Pengertian interpersonal functions of language menurut Halliday
adalah bahasa ....
A. digunakan sebagai tujuan bersosialisasi dan memelihara hubungan
sosial
B. digunakan untuk menggambarkan gerakan atau berbagai aksi
C. merupakan kebutuhan pribadi setiap pengujar
D. berfungsi sebagai penggerak kegiat-an sosial
37. a : Good morning. Are you ready to do the test?
b : Now, answer all the questions in the answer
sheet.
c : Be quiet and you have 45 minutes to finish the
test.
Dari ketiga kalimat di atas, kedudukan
sosial sang pembicara adalah ....
A. bos
B. guru
C. mahasiswa
D. orang tua
38. Pengertian transactional discourse adalah transaksi yang ....
A. terjadi
dalam opening, presentation, practice dan production
B. terjadi dalam bentuk ujaran (lisan) dan teks (tulisan) secara
natural (alami)
C. dilaksanakan dalam proses percakap-an
D. transaksi yang diciptakan dalam komunikasi
39. Interpersonal discourse merupakan discourse untuk ....
A. memberi informasi di dalam kelas
B. tujuan berbagai informasi
C. tujuan sosial daripada membagi informasi
D. memberi informasi seluas-luasnya pada lingkungan
40. Pendapat Brown dan Yule mengenai pemakaian speech and written
discourse adalah ....
A. social relationship
B. message oriented
C. proporsional information
D. socializing purpose
41. Pendapat Nunan mengenai pemakaian speech dan written discourse
adalah pengembangan ....
A. komunikasi antar partisipan
B. discourse dengan berbagai alat
C. komunikasi teknologi
D. berbagai komunikasi dengan memanfaatkan berbagai peralatan
teknologi
42. Pengertian genre adalah ....
A. forms of communication
B. forms of communication and deter-mined by the function served by
the language being used
C. forms of communication which is functioned and served the language
use
D. forms communication which is served the language use
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 43
SAMPAI 60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
43. Berikut ini yang menunjukkan “sign” dari aspek formal atau natural
adalah ....
1) menonton
2) mencium
3) mendengar
44. Yang termasuk karya dan pandangan Bloom adalah ....
1) language as functionally an operant conditioning
2) language is a stretch of interpreted formally without context
3) language as a hierarchically structured building
45. Ciri-ciri bahasa menurut Skinner ....
1) conditioning, stimulus, dan response
2) utterance is what it does in some context
3) verbal stimulus and the response is physical
46. Berikut ini adalah aspek-aspek yang ber-kaitan dengan material
problems, adalah ....
1) planning
2) programme
3) organizing
47. Kompetensi yang dikontribusikan applied linguistik dalam L2
teaching adalah ....
1) memutuskan (menetapkan) tujuan pengajaran L2
2) menetapkan skope dan sequence materi dalam pengajaran L2
3) menentukan kriteria keberhasilan kegiatan dalam mencapai
keberhasil-an pengajaran L2
48. Yang termasuk agents for solution on problems in LT adalah ....
1) Firthian
2) Chomskyan
3) Bloomfieldian
49. Dasar filosofi aliran linguistik dipandang dari berbagai pandangan
adalah ....
1) language as a skill
2) language as knowledge
3) language sees as an arbitary
50. Berikut ini tujuan transformational grammar yang berdasarkan
Applied Linguistics adalah ....
1) to mention the parts of apply the rules to the devices upon the
stem forms
2) to identify the part of speech of each lexical
3) to be able to mention all the modal devices
51. Yang termasuk definisi “syllbus” menurut kamus Longman adalah ....
1) the content of teaching and learning procedure which will achieve
the purpose
2) the purpose of teaching and learning program
3) the assessing of how much the programme has been achieved at the
end of the teaching procedure
52. Dua elemen dasar manakah dari the information - learning structure
of utterance?
1) The theme - rheme as a classical term of the utterance
2) the foundations of the utterance
3) the core of the utterance
53. Yang termasuk fungsi hubungan antara theme - rheme dalam kaitan
dengan functional meaning adalah ....
1) the expressive and appeal function
2) the representative function
3) the core and correlation function
54. Fungsi bahasa menurut Emmit and Pollock, adalah ....
1) to make sense of our environment
2) to structure the reality for making our meanings
3) to make meanings of experience
55. “Linda, tomorrow you have to be here at 8 o’clock”.
Siapakah pembicara ujaran di atas ....
1) orang tua
2) guru
3) bos
56. “Pointing something”.
Non-verbal ini bermakna ....
1) menunjuk sesuatu benda
2) meminta sesuatu benda
3) melihat sesuatu/seseorang
57. Yang termasuk “interactional” language use adalah ....
1) shaking
2) warning
3) holding hands
58. “Your washing machine will be sent soon”.
Kalimat di atas memiliki beberapa makna ....
1) the washing machine belongs to you
2) the machine will be sent to you
3) you will soon receive the machine
59. Yang termasuk types of discourse adalah ....
1) spoken
2) utterance
3) written
60. Yang termasuk types of discourse berdasarkan terms of
communicative tasks being performed adalah ....
1) interaction
2) sermons
3) interviews
No comments:
Post a Comment