Cloud Hosting Indonesia

22 May, 2014

Soal Psycholinguistics



TUGAS MANDIRI
PSYCHOLINGUISTICS
(PRIS4431)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  80, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Menurut teori tindak tutur kalimat dapat memiliki fungsi berikut, kecuali ....
A.   deklaratif
B.   imperatif
C.   performatif
D.   substantif

2.   Berikut ini adalah pokok-pokok bahasan dalam kajian psikolinguistik, kecuali ....
A.   kompetensi
B.   performansi
C.   fungsi bahasa
D.   paralinguistik
     
3.   “Surface Structure” atau struktur lahir yang dapat didefinisikan sebagai ....
A.   struktur yang dapat dilihat atau didengar dalam pola rangkaian kata
B.   struktur yang tak dapat dilihat atau didengar oleh pembelajar
C.   struktur yang abstrak dan dapat diubah-ubah
D.   struktur bahasa yang dapat dikategorikan dalam suatu konstruksi

4.   Secara umum fungsi bahasa dapat didefinisi-kan sebagai berikut ....
A.   satuan bahasa yang disusun menurut aturan tata bahasa
B.   maksud yang tertuang dalam sebuah struktur bahasa
C.   satuan bunyi yang terpilah-pilah berdasarkan kaidah tertentu
D.   satuan bahasa terkecil yang memiliki makna

5.   Secara umum struktur bahasa dapat didefinisikan sebagai ....
A.   satuan bahasa yang disusun menurut aturan tata bahasa
B.   maksud yang tertuang dalam sebuah struktur bahasa
C.   satuan bunyi yang disusun dalam sebuah konstituen
D.   satuan bunyi yang terpilah-pilah ber-dasarkan kaidah tertentu

6.   Secara umum salah satu konsep yang terkandung ... psikolinguistik adalah
A.   ragam bahasa
B.   kompetensi dan performansi
C.   perubahan bahasa
D.   jenis wacana

7.   Salah satu pernyataan berikut merupakan definisi psikolinguistik.
A.   Kajian bahasa dilihat dari sudut pandang psikologi.
B.   Kajian psikologi dilihat dari sudut pandang linguistik.
C.   Kajian perilaku penutur bahasa dari sudut linguistik.
D.   Kajian perilaku bahasa dari sudut pandang linguistik.

8.   “Deep Structure” atau Struktur Batin dapat didefinisikan sebagai ....
A.   struktur yang tergambar dalam rangkaian kata yang terindra
B.   ungkapan yang merujuk kepada pesan yang tertuang dalam antara kata atau ujaran
C.   makna khusus yang tertuang dalam suatu bangun kalimat
D.   bangun kalimat yang dipolakan secara acak menurut maksud penutur

9.   Secara umum, proposisi dapat definisikan sebagai ....
A.   satuan bahasa terkecil yang bermakna
B.   satuan makna yang tertuang dalam sebuah struktur
C.   satuan bahasa terkecil yang dapat mem-bedakan makna
D.   satuan bahasa yang terdiri dari dua kata

10.   Secara spesifik koordinasi dapat didefinisikan sebagai ....
A.   penggabungan satu klausa inti dengan sebuah klausa subordinat
B.   penggabungan dua klausa yang setara menjadi satu kalimat
C.   pengembangan unsur kalimat dengan cara penambahan unsur lain
D.   penggabungan satu klausa inti dengan dua klausa subordinat

11.   Pronominalisasi” dapat didefinisikan sebagai berikut ....
A.   pengubahan unsur-unsur kalimat yang sama menjadi pronomina
B.   pengubahan unsur-unsur kalima menjadi lebih singkat
C.   penggabungan unsur-unsur kalimat menjadi satu
D.   penghilangan unsur-unsur kalimat yang tidak penting

12.   Kalimat yang manakah yang berstruktur komplementasi?
A.   Doddy is reading a book and his sister, Ani, is cooking rice.
B.   Jane who taught is English is from USA.
C.   Doddy is smart but Dede is dull.
D.   Doni is a student and he is very happy with his scores.

13.   Perhatikan dua kalimat berikut:
               “Jenny is smart”. “Jack is dull”.
               Kedua kalimat ini dapat digabungkan sebagai    berikut
A.   Jenny is smart and Jack is dull.
B.   Jenny is smart but Jack is dull.
C.   Jack is dull and Jenny is smart.
D.   Jenny and Jack are smart.

14.   Perhatikan kalimat ini:
               “The man is standing in front of the library”.
               “He is a teacher of English”.
Kalimat ini dapat digabungkan sebagai berikut:
A.   The man who is standing in front of the library is a teacher of English.
B.   The man is standing there and he is a teacher of English.
C.   The man who stands there is teacher of English.
D.   The English teacher is standard in library.

15.   “John is a teacher and Jane is a nurse”. Kalimat ini mempunyai struktur atau konstruksi
A.   komplementasi.
B.   subordinasi.
C.   koordinasi.
D.   relativisasi.

16.   Perhatikan kalimat ini:
“Jane is reading a magazine and so does her brother”. Kalimat ini memiliki struktur yang mengandung
A.   koordinasi.
B.   relativisasi.
C.   subordinasi.
D.   elipsis.

17.   Perhatikan kalimat berikut:
“Amri’s friend, Tuti, who is student of ..... likes apples”. Kalimat ini mengandung proposisi berikut, kecuali ....
A.   Amri’s friend is Tuti
B.   She is a student of SMU
C.   Tuti  like apples
D.   Amri is a student

18.   Perhatikan kalimat berikut:
“Pemerintah kita sedang berupaya mengatasi berbagai krisis yang terjadi bersamaan”.
               Kalimat ini mempunyai fungsi ....
A.   deklaratif
B.   performatif
C.   integratif
D.   imperatif

19.   “The man who lives nextdoor gives Ani a nice present”. Kalimat ini mempunyai struktur
A.   komplementasi.
B.   koordinasi.
C.   relativisasi.
D.   subordinasi.

20.   Perhatikan kalimat ini:
“The chairperson officially opens the meeting”. Kalimat ini mengandung fungsi ....
A.   deklaratif
B.   performatif
C.   interogatif
D.   imperatif

21.   Prinsip-prinsip berikut mendasari metode “dengar ucap”, kecuali ....
A.   bahasa adalah ujaran
B.   bahasa adalah serangkaian kebiasaan
C.   ajarkan bahasa bukan tentang bahasa
D.   bahasa dapat berubah setiap saat

22.   Secara umum, psikolinguistik mengkaji hal-hal berikut ini, kecuali ....
A.   pemahaman bahasa
B.   produksi bahasa
C.   pemerolehan bahasa
D.   perencanaan bahasa

23.   Para ahli psikolinguistik mengidentifikasi tahapan berikut dalam proses produksi bahasa, kecuali ....
A.   tatar wacana
B.   tatar kalimat
C.   tatar konstituen
D.   tatar fonemik

24.   Secara sempit, pemahaman dapat didefinisi-kan sebagai
A.   proses mental yang terjadi pada diri penyimak pada saat menangkap bunyi-bunyi yang diujarkan seorang penutur.
B.   proses mental yang terjadi pada diri penutur  ketika mengungkapkan bunyi-bunyi kepada penyimak.
C.   proses mental yang terjadi pada diri penyimak ketika dia bertutur.
D.   proses mental yang terjadi pada diri penyimak ketika dia berkomunikasi dengan penutur dan meresponnya.

25.   Pemerolehan bahasa dapat didefinisikan sebagai ....
A.   proses internalisasi aturan kebahasaan secara tak sadar dalam suasana formal
B.   proses pemahaman aturan-aturan keba-hasaan secara sadar sebagai akibat dari penggunaan bahasa yang alami
C.   proses internalisasi aturan kebahasaan secara bawah sadar dalam suasana formal
D.   proses pemahaman aturan kebahasaan secara terus menerus

26.   Pembelajaran bahasa dapat didefinsikan sebagai ....
A.   proses pemahaman aturan-aturan ke-bahasaan secara sadar
B.   proses pemahaman aturan-aturan kebahasaan secara sadar sebagai akibat dari penggunaan bahasa yang alami
C.   proses internalisasi aturan kebahasaan secara bawah sadar dalam suasana formal
D.   proses internalisasi aturan kebahasaan secara tidak sadar dalam suasana informal

27.   Salah satu permasalahan yang dikaji dalam pemerolehan bahasa adalah ....
A.   kesenjangan pemahaman dan produksi bahasa
B.   perubahan bahasa dalam diri pembelajar
C.   keragaman gaya penutur bahasa
D.   transferensi unsur-unsur bahasa

28.   Salah satu sumbangan kajian psikolinguistik bagi pengajaran bahasa antara lain tercermin dalam ....
A.   lahirnya metode penelusuran keragaman bahasa dalam penggunaan bahasa
B.   lahirnya metode pengajaran keragaman bahasa dalam penggunaan bahasa
C.   metode pemilihan bahan ajar agar bagi para pembelajaran tertentu
D.   metode penelaahan jenis ragam bahasa
29.   Metode pengajaran bahasa berikut ini memperoleh sumbangan dari kajian psiko-linguistik.
A.   Metode Terjemahan.
B.   Metode Dengar Ucap/Audiolingual.
C.   Metode Tradisional.
D.   Metode Langsung.

30.   Dalam sebuah percakapan, seorang penyimak berusaha mengidentifikasi bunyi yang diajarkan penutur, kemudian meng-identifikasi rangkaian bunyi tersebut serta menginterpretasikannya. Penjelasan merujuk kepada ....
A.   pemahaman dalam arti sempit
B.   pemahaman dalam arti luas
C.   definisi pemahaman
D.   ruang lingkup pemahaman

31.   Pemerolehan bahasa dalam pandangan Chomsky berjalan melalui ....
A.   pemberian stimulus dari lingkungan bahasawan
B.   alat pemeroleh bahasa yang bersifat batin
C.   interaksi antara kemampuan batani dengan akal
D.   interaksi antara daya akal dengan stimulus dari luar

32.   Berikut ini tokoh-tokoh beraliran beha-viorisme, kecuali ....
A.   Watson
B.   Skinner
C.   Beaver
D.   Bloomfield

33.   Salah seorang tokoh berikut ini beraliran neo-behaviorisme ....
A.   Bloomfield
B.   Watson
C.   Osgood
D.   Chomsky

34.   Secara umum alat pemeroleh bahasa (APB) dapat didefinisikan sebagai pengetahuan ....
A.   batini yang bertanggung jawab dalam pengembangan kemampuan bahasa.
B.   indra yang berperan dalam pengembang-an kemampuan bahasa.
C.   abstrak yang mengembang-kan kemam-puan bahasa.
D.   berbahasa yang bersifat terintegrasi dengan pengetahuan lain.

35.   Menurut Chomsky, alat pemeroleh bahasa berisi gagasan berikut kecuali ....
A.   gagasan substantif
B.   gagasan formal
C.   gagasan konstuktif
D.   gagasan mendasar

36.   Pada intinya gagasan konstruktif dapat diartikan sebagai gagasan yang ....
A.   mengungkap relasi atau manipulasi fungsi aturan dasar
B.   memungkinkan akal membentuk tata bahasa tertentu dnegan menggunakan gagasan substantif dan formal
C.   muncul dalam sejumlah relasi yang dijalankan melalui operasi sintaksis
D.   dibangun lewat operasi matematis yang memungkinkan bagi siswa agar memahami

37.   Gagasan substantif dapat diartikan dalam salah satu pernyataan berikut ....
A.   gagasan yang muncul dalam sejumlah relasi atau dijalankan oleh operasi fonetis, sintaksis dan semantik
B.   gagasan yang memungkinkan alat membentuk tata bahasa terbentuk dengan menggunakan gagasan formal
C.   gagasan yang mengungkap relasi atau manipulais fungsi aturan dasar dan transformasi
D.   gagasan yang dibangkitkan melalui operasi matematis yang memungkinkan seseorang memahami bahasa

38.   Berikut ini adalah argumen-argumen mengenai alat pemeroleh bahasa, kecuali ....
A.   keunikan tata bahasa
B.   data meragukan yang tak sempurna
C.   tak relevannya intelegensi
D.   kelambatan bahasa anak

39.   Menurut Steinberg alat pemeroleh bahasa berfungsi menyediakan ....
A.   sebuah tata bahasa tertentu dan butir leksikal tertentu pada saat seseorang dihadapkan kepada data sebuah bahasa
B.   gagasan umum untuk membangun dan merekonstruksi kalimat
C.   aturan kebahasaan yang dapat membantu bahasawan untuk mengubah bentuk kalimat
D.   aturan umum kebahasaan untuk me-mungkinkan bahasawan mengembang-kan bahasa

40.   Terdapat tiga kelompok gagasan dalam alat pemeroleh bahasa seperti tercermin berikut ini, kecuali ....
A.   gagasan formal
B.   gagasan substantif
C.   gagasan konstruktif
D.   gagasan relatif

41.   Menurut Chomsky terdapat tiga jenis operasi transformai, kecuali ....
A.   penggantian
B.   penambahan
C.   permutasi
D.   pemahaman

42.   Dalam gagasan Chomsky “innate capacity” merujuk kepada ....
A.   kemampuan yang bersifat batani yang memungkinkan seorang anak beroleh kemampuan bahasa
B.   kemampuan batini yang melalui kemampuan anak dapat memahami bahasa ibu
C.   kemampuan yang ada pada diri anak untuk memahami ujaran-ujaran yang baru dia simak
D.   kemampuan bersifat batani yang memungkinkan seseorang beroleh ke-mampuan berkomunikasi

43.   Dari sudut waktu pemerolehan bahasa pertama, Chomsky menyebutkan bahwa anak ....
A.   dapat beroleh bahasa pertama dalam kurun waktu lebih dari lima tahun lebih cepat daripada dewasa
B.   dapat beroleh bahasa pertama dalam kurun waktu empat atau lima tahun
C.   beroleh bahasa pertama melalui stimulus-respon dari lingkungan sktor
D.   beroleh kemampuan berbahasa tanpa mengandalkan kemampuan bawaannya

44.   Dalam kajian psikolinguistik terdapat aliran-aliran pemikiran berikut, kecuali ....
A.   rasionalis
B.   fatalis
C.   empiris
D.   interaksionis

45.   Kaum mentalis berpendirian bahwa manusia ....
A.   dipandang memiliki akal yang berbeda dari badan orang itu.
B.   dapat dibentuk melalui pem-berian stimulus dari luar.
C.   memiliki kemampuan bawaan yang belum sempurna.
D.   manusia atau pembelajar memiliki akal yang dapat diperbaharui.

46.   Berikut ini adalah salah satu tokoh rasionalis dalam psikolinguistik ....
A.   Watson
B.   Chomsky
C.   Skinner
D.   Steinberg

47.   Kaum behaviors menunjukkan bahwa bahasa atau ujaran dikaji melalui ....
A.   gagasan yang diperoleh dari pengalaman manusia yang terdapat dalam akal
B.   interaksi antara sosok fisik dengan rangsangan yang muncul dari lingkungan
C.   interaksi antara fisik dengan rangsangan lingkungan dan akal
D.   gagasan yang diperoleh melalui daya-daya pengetahuan yang batini

48.   Menurut kaum rasionalis bahasa, ujaran dan pikiran diperoleh melalui ....
A.   gagasan yang seluruhnya didapat lewat daya-daya pengetahuan batini
B.   interaksi antara fisik dengan rangsangan yang muncul dari lingkungan
C.   interaksi antara sosok fisik, rangsangan lingkungan
D.   gagasan yang diperoleh melalui penga-laman keseharian

49.   Dalam hubungan antara ujaran dan pikiran, kaum empiris menyatakan bahwa ....
A.   gagasan yang ditentukan oleh daya pengetahuan yang batini
B.   gagasan yang dikembangkan dan diperoleh dari pengalaman
C.   interaksi antara sosok fisik, rangsangan lingkungan dan daya pengetahuan batini
D.   interaksi antara sosok fisik dengan rangsangan yang muncul dari lingkungan

50.   Berikut ini adalah tiga tokoh behaviorisme, kecuali ....
A.   Watson
B.   Skinner
C.   Bloomfield
D.   Chomsky

51.   Berikut ini adalah tiga tokoh beraliran mentalisme, kecuali ....
A.   Chomsky
B.   Steinberg
C.   Skinner
D.   Krashem

52.   Salah satu pernyataan ini menentang pandangan behavioris.
        A.   Pemahaman ujaran mendahului produksi ujaran pada anak-anak.
B.   Ujaran dan pikiran merupakan dua unsur yang tek terpisahkan.
C.   Produksi mendahuhlui pemahaman pada anak normal.
D.   Ujaran merupakan landasan bagi pikiran.

53.   Satu di antara pernyataan berikut ini menentang pandangan behavioris ....
A.   pemahaman ujaran tanpa produksi pada anak cacat
B.   ujaran merupakan landasan bagi pikiran
C.   ujaran dapat mempengaruhi cara berpikir
D.   ujaran dan pikiran merupakan dua unsur yang berkaitan

54.   Vygotsky menyetakan bahwa ....
A.   pikiran terjelma melalui kata-kata
B.   pikiran dan ujaran tidak identik
C.   pikiran lebih dikendalikan oleh akal
D.   ujaran dan pikiran selalu identik

55.   Menurut Whorf bahasa yang digunakan penutur dapat ....
A.   mengubah perilaku penutur
B.   membentuk pikiran dan cara berpikir penutur
C.   mengubah pola pikir dan perasaan penutur
D.   membentuk perilaku berbahasa

56.   Salah satu dari tokoh berikut adalah penyokong gagasan behavioris ....
A.   Steinberg
B.   Chomsky
C.   Piaget
D.   Whorf

57.   Korzybsky sebagai penganut paham behavioris menyatakan bahwa ....
A.   kosa kata dan sintaksis mempengaruhi persepsi dan pemahaman penutur bahasa
B.   kosa kata dan sintaksis tidak berpengaruh pada pola pikir penutur
C.   kosa kata dan sintaksis tercermin dalam perolehan penutur
D.   kosa kata dan sintaksis membentuk perilaku berbahasa penutur

58.   Dalam mengkaji proses produksi bahasa, salah satu pendekatan tata bahasa yang digunakan adalah ....
A.   pendekatan tata bahasa berdasarkan tematis
B.   pendekatan tata bahasa berdasarkan sintaksis
C.   pendekatan tata bahasa berdasarkan kasus
D.   pendekatan tata bahasa tradisional

59.   Menurut kaum behavioris keterkaitan antara bahasa, pikiran dan ujaran dapat ditegaskan salah satu pernyataan-pernyataan berikut
A.   Ujaran dan pikiran tidak selalu identik.
B.   Pikiran adalah sejenis perilaku bahasa.
C.   Ujaran dan pikiran tidak berkaitan.
D.   Pikiran merupakan penentuan bagi pemahaman.

60.   Dalam perspekstif behavioris, aturan -aturan kebahasaan akan mempengaruhi cara berpikir pemakai bahasa. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Whorf
B.   Vygotsky
C.   Watson
D.   Chomsky

61.   Dalam hubungan dengan peran bahasa dalam pembentukan pikiran, Whorf memiliki pandangan yang berbeda dari Vygotsky, yang menyatakan bahwa bahasa
A.   merupakan sumber akhir dari makna.
B.   dan pikiran muncul dari interaksi dengan lingkungan.
C.   dan pikiran tidak selalu identik.
D.   ujaran dan pikiran saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

62.   Pernyataan yang manakah yang menggam-barkan hubungan antara kemampuan bahasa multi bahasawan dengan kemampuan berpikirnya?
A.   Multi bahasawan mempunyai kemampu-an berpikir yang tidak ganda.

B.   Multi bahasawan mempunyai kemampu-an berpikir ganda.
C.   Multi bahasawan memiliki kemampuan berpikir yang identik dengan bahasanya.
D.   Multi bahasawan memiliki kemampuan berpikir berbeda dari monolingual/eka-bahasawan.

63.   Dari kenyataan bahwa orang tuli tanpa penguasaan bahasa dengan sempurna dapat memperlihatkan kemampuan berpikirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa ....
A.   bahasa merupakan pembentuk kemam-puan berpikir
B.   bahasa bukanlah alat penentu kemam-puan berpikir
C.   bahasa dan kemampuan berpikir identik
D.   bahasa, ujaran dan kemampuan berpikir tidak berkaitan

64.   Dalam sebuah proposisi, tiga komponen berikut dapat diidentifikasi, kecuali ....
A.   predikat
B.   argumen
C.   peubah
D.   pemerlain

65.   Dalam produksi bahasa, aspek-aspek berikut lazimnya teridentifikasi, kecuali ....
A.   fokus
B.   maksud
C.   proposisi
D.   subjek

66.   Perujukan pada dasarnya mengungkapkan sebuah argumen dalam sebuah proposisi yang dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
A.   melalui nama diri
B.   melalui kata sifat
C.   melalui kata benda
D.   melalui kata ganti

67.   Menurt para ahli psikolinguistik, proses produksi bahasa/kalimat melibatkan tahapan berikut, kecuali ....
A.   proses berpikir
B.   identifikasi maksud
C.   representasi semantik
D.   pemilihan ragam

68.   Dalam kajian proses pemahaman bahasa, kita dapat mengungkapkan salah satu pendekatan ....
A.   pendekatan semantik
B.   pendekatan semantik
C.   pendekatan behavioris
D.   pendekatan tradisional

69.   Berikut ini adalah salah satu strategi pemahaman bahasa ....
A.   menduga struktur proposisi.
B.   mengidentifikasi kelas kata.
C.   mengartikulasi kata.
D.   mengidentifikasi struktur.

70.   Steinberg menyebutkan bahwa proses produksi bahasa melalui tahapan berikut, kecuali ....
A.   proses berpikir.
B.   penentuan maksud.
C.   penentuan gaya bahasa.
D.   representasi semantik.

71.   Pendekatan tata bahasa sintaksis dalam menjelaskan produksi bahasa lebih bertumpu pada ....
A.   penjelasan proses produksi bahasa yang diawali dengan pengembangan struktur sintaksis abstrak.
B.   penjelasan proses produksi bahasa diawali dengan pemerian makna unsur-unsur kalimat.
C.   penjelasan proses produksi bahasa yang diawali dengan analisis kasus.
D.   penjelasan proses produksi bahasa diawali dengan uraian struktur bunyi bahasa.

72.   Pendekatan tata bahasa semantik dalam menjelaskan proses produksi bahasa menitik-beratkan pada ....
A.   pemerian makna dan mengubah menjadi bentuk sintaksis dan fonologis.
B.   pemerian unsur-unsur sintaksis dan mengubah menjadi satuan makna.
C.   pemerian unsur-unsur fonologis dan kemudian mengubah menjadi satuan kalimat.
D.   pemerian unsur-unsur bahasa dan kemudian penggabungan unsur itu menurut kategori tata bahasa.

73.   Proses produksi bahasa dan pemahamannya menurut model lineritas dapat dijelaskan dalam salah satu pernyataan berikut ....
A.   proses produksi dan pemahaman bahasa berlangsung persamaan dan simultan.
B.   proses produksi dan pemahaman bahasa berlangsung secara bertahap dan berjenjang.
C.   proses produksi dan pemahaman bahasa berlangsung secara terpisah.
D.   proses produksi bahasa berawal dari proses pemahaman yang bertahap.

74.   Dari sisi pendekatan semantik, proses pemahaman bahasa dapat dijelaskan sebagai berikut ....
A.   mengidentifikasi aspek-aspek struktur bahasa dan mendeskripsikannya.
B.   mengidentifikasi aspek makna menurut unsur-unsur semantik.
C.   merumuskan struktur luar bahasa dan menghubungkannya dengan struktur batini.
D.   merumuskan strategi pemahaman yang bertumpu pada struktur fonologis.

75.   Dari sisi lain pendekatan sintaksis, proses pemahaman bahasa dapat dijelaskan sebagai berikut ....
A.   mengidentifikasi aspek-aspek struktur lahir bahasa dan mengaitkannya dengan struktur batini atau makna b. 
B.   mengidentifikasikan aspek-aspek makna menurut unsur semantik.
C.   merumuskan strategi pemahaman yang berdasar pada aspek fonologis.
D.   mengidentifikasi aspek-aspek struktur bahasa dan mendeskripsikannya.

76.   Salah satu kalimat berikut memiliki maksud “mempertanyakan”, yaitu ....
A.   He is a smart boy.
B.   Be a smart boy.
C.   IS he a smart boy?.
D.   A smart boy is here.

77.   Perhatikan kalimat ini :
               “You will not be successful”
               Kalimat ini mengandung maksud ....
A.   mempertanyakan.
B.   ramalan.
C.   menyatakan.
D.   janji.

78.   Perhatikan kalimat berikut:
               “I promise I’ll come to your party”
               Kalimat ini mengandung maksud ....
A.   janji.
B.   mengancam.
C.   ramalan.
D.   pernyataan.

79.   Perhatikan penggalan dialog berikut:
A : Excuse me, Could you tell me where  the nearest  hotel, is?.
B : Sure, you go along this street. The hotel is near to the first traffic light.
Dari penggalan dialog ini, kita dapat menun-jukkan bahwa ....
A.   ujaran B lebih sopan daripada ujaran A
B.   ujaran A lebih sopan daripada ujaran B
C.   kedua ujaran sama-sama sopan
D.   kedua ujaran menunjukkan suasana yang tak resmi

80.   Perhatikan cuplikan dialog ini:
               A : Good morning, Prof.
               B : Good morning.
               Dari dialog ini kita dapat menunjukkan bahwa
A.   penutur A ingin menjaga jarak.
B.   penutur B ingin menjaga jarak.
C.   penutur A ingin menciptakan formalitas dan jarak.
D.   penutur B ingin menciptakan informalitas dan jarak.

No comments:

Post a Comment